ANALISIS AKAD MUDHARABAH TERHADAP PEMBIAYAAN USAHA PEMPEK MASYARAKAT 13 ULU PALEMBANG DALAM PERSFEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

Ardiyanti, Mauliya (2022) ANALISIS AKAD MUDHARABAH TERHADAP PEMBIAYAAN USAHA PEMPEK MASYARAKAT 13 ULU PALEMBANG DALAM PERSFEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
A5 SKRIPSI MAULIYA ARDIYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Mudharabah Terhadap Pembiayaan Usaha Pempek Pada Masyarakat 13 Ulu Palembang Dalam Persfektif Hukum Ekonomi Syariah. Dengan latar belakang permasalahan pada akad mudharabah yang dilakukan masyarakat 13 Ulu Palembang dalam berusaha, yaitu kurangnya pemahaman serta ketidak adilan dalam melakukan kerjasama yang telah disepakati kedua belah pihak sehingga menyebabkan kemudharatan bagi pemilik modal maupun pengelola usaha apakah sudah sesuai dengan Hukum Ekonomi Syariah. Dua hal yang diangkat sebagai fokus penelitian dalam skripsi ini adalah, bagaimana praktik penerapan pembiayaan mudharabah usaha pempek pada masyarakat 13 Ulu Palembang, dan bagaimana tinjauan konsep mudharabah terhadap praktik pembiayaan pada usaha pempek masyarakat 13 Ulu Palembang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian field research ialah kegiatan penelitian yang dilakukan penulis guna mendapatkan data-data secara khusus dari responden. Penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada dilapangan. Dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dapat dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan cara tanya jawab. Hasil penelitian ini yaitu akan menemukan ketidak adilan pemilik modal dari kesepakatan dalam usaha, dikarenakan kurangnya pemahaman dan dasar perjanjian yang kuat dalam melakukan kesepakatan dan sifat kepribadian kedua belah pihak yang ingin menguntungkan diri sendiri. Kata kunci : Pembiayaan, Mudharabah, Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan, Mudharabah, Hukum Ekonomi Syariah.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: MAULIYA ARDIYANTI 1820104119
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:57
Last Modified: 23 Aug 2023 04:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29920

Actions (login required)

View Item View Item