PENGARUH METODE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI AL-„ADLI PALEMBANG

HERTA MILIAH, NIM. 14270045 (2018) PENGARUH METODE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI AL-„ADLI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HERTA MILIAH (14270045).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menganalisis merupakan kemampuan dalam memecah-mecahkan dan menguraikan materi menjadi lebih terstuktur yang didapat melalui informasi. Kemampuan menganalisis siswa dalam pembelajaran diantaranya dengan menggunakan metode pembelajaran numbered heads together. Metode pembelajaran ini dapat melatih siswa menambahkan informasi dari berbagai sumber. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran numbered heads together di MI Al-„Adli Palembang, bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan metode numbered heads together di Madrasah Ibtidaiyah Al-„Adli Palembang, dan adakah pengaruh metode numbered heads together terhadap kemampuan analisis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-„Adli Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas III di MI Al-„Adli Palembang. Sampelnya adalah siswa kelas III B di MI Al-Adli Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode, yaitu tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis uju tes “t” sampel besar. Hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-„Adli Palembang pada mata pelajaran bahasa indonesia sebelum menggunakan metode pembelajaran numbered heads together tergolong rendah, hal itu bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata 58,46. Kemampuan menganalisis siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-„Adli Palembang pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang menggunakan metode Numbered Heads Together tergolong tinggi, hal itu bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata 7,32. Pengaruh metode numbered heads together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji Hepotesis dibuktikan dengan melihat pengaruh dengan uji hepotesis jika t tabel <t hitung >t tabel atau -2,00<59>2,65 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunkan Metode numbred heads together pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Al-„Adli Palembang. Kata-kata kunci : model pembelajaran numbered heads together, hasil belajar, dan bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:11
Last Modified: 14 Feb 2019 08:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item View Item