TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI'AH TERHADAP SISTEM PEMBAGIAN HADIAH PERLOMBAAN BOLA VOLI (STUDY KASUS DESA.TANJUNG DALAM KECAMATAN.TANAH ABANG KABUPATEN.PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR).

MONES, MONES (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI'AH TERHADAP SISTEM PEMBAGIAN HADIAH PERLOMBAAN BOLA VOLI (STUDY KASUS DESA.TANJUNG DALAM KECAMATAN.TANAH ABANG KABUPATEN.PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR). Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1-5 MONES A5 .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Setiap Manusia membutuhkan hiburan guna menyegarkan hati dan pelepasan beban pikiran.salah satu hiburan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat desa tanjung dalam yaitu perlombaan bola voli.yang unik pada permainan bola voli di desa tanjung dalam adalah sistem pembagian hadiahnya,jika pada umumnya pembagian hadiah pada kejuaraan bola voli dibagikan atau diserahkan setelah pembagian hadiah selesai,namun berbeda dengan sistem pembagian hadiah bola voli di desa tanjung dalam yang menggunakan tiga sistem dalam pembagian hadiahnya. Dalam menjawab masalah penelitian ini menggunkan metodelogi wawancara,Teknik ini digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara berhadapan langsung dengan pihak informan yang dianggap perlu dan ada hubungannya dengan permasalahan yang diteliti dengan cara tanya jawab.adapun jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan jenis data yang digunakan adalah kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa mekanisme cara pembagian hadiah perlombaan bola voli didesa tanjung dalam adalah haram karena lahir dari sistem perlombaan yang haram,baik itu dengan menggunakan cara yang pertama pembagian hadiah yang menyerahkan hadiahnya secara langsung pada saat itu,yang kedua dengan wadi’ah dan yang ketiga sekaligus yang terakhir menggunakan sistem pembelian secara tidak tunai ( kredit), hukumnya haram,karena pada praktiknya perlombaan bola voli di desa tanjung dalam dipungut biaya pendaftaran yang kemudian dikonfersi menjadi hadiah tanpa adanya muhalil.pelombaan berhadiah tanpa muhalil hukumnya haram karena termasuk kedalam perjudian (maysir). Kata Kunci: Bola Voli ,Perlombaan Berhadiah,Perjudian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: MONES 1930104148
Date Deposited: 25 Aug 2023 08:18
Last Modified: 25 Aug 2023 08:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30019

Actions (login required)

View Item View Item