TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PEMBERIAN HUKUMAN BAGI PELAKU KEKERASAN SEKSUAL (PENCABULAN) ANAK YANG BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Putusan No. 31/Pid.Sus/2021/PN Swl)

APRIANTI, APRIANTI (2023) TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PEMBERIAN HUKUMAN BAGI PELAKU KEKERASAN SEKSUAL (PENCABULAN) ANAK YANG BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Putusan No. 31/Pid.Sus/2021/PN Swl). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI APRIANTI FULL BAB(1) (1).pdf

Download (750kB) | Preview

Abstract

Merajalelanya kejahatan pencabulan terhadap anak semakin mencemaskan masyarakat, sehingga menimbulkan keresahan dan kekhawatiran masyarakat. Anak yang seharusnya dilindungi serta disayang justru menjadi bahan kejahatan terutama perbuatan cabul yang menimbulkan dampak yang serius kepada korban. Pencabulan merupakan suatu jenis perilaku tercela dan tidak senonoh yang melanggar kesusilaan. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah dasar pertimbangan hakim terhadap perkara putusan No. 31/Pid.Sus/2021/PN Swl? (2) Bagaimanakah sanksi hukum pidana Islam bagi pelaku kekerasan seksual (pencabulan) anak yang berkebutuhan khusus?. Penelitian ini termasuk dalam studi kepustakaan dengan bentuk yuridis normatif dengan didasarkan pada data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode mengkaji, membaca, menelah bahan-bahan yang dikumpulkan dari beberapa buku, undang-undang, putusan hakim, jurnal, serta artikel yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Dapat disimpulkan berdasarkan rumusan masalah. 1) Dasar pertimbangan hakim pada sanksi pidana terhadap pelaku kekerasan seksual (pencabulan) anak yang berkebutuhan khusus secara yuridis adalah terdakwa terbukti melanggar Pasal 82 ayat (1) Jo Pasal 76 E Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Seicara sosiiologiis bahwa teirdakwa meirupakan keirabat korban dan meiniimbulkan trauma, meiliiputii teirdakwa meilakukan perbuatan cabul. Dari segi filosofis, perbuatan cabul tersebut melanggar nilai-nilai fundamental seperti niilaii agama, keiadiilan dan hak asasii manusiia 2) Sanksi bagi pelaku pencabulan terhadap anak yang berkebutuhan khusus menurut tindak pidana hukum Islam dikategorikan jarimah ta’zir hukuman bagi pelaku pencabulan dijatuhi hukuman yang diberikan kepada ulil amri. Dalam tindak pidana hukum Islam pencabulan merupakan jarimah ta'zir, karena jarimah pencabulan tidak diatur didalam Al- Quran dan Al-Hadis sebagaimana jarimah had. Kata Kunci: Hukum Pidana Islam, Pencabulan, Anak Berkebutuhan Khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: APRI ANTI 1930103091
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:18
Last Modified: 28 Aug 2023 08:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30053

Actions (login required)

View Item View Item