KARAKTERISTIK "ADAT PANTAUAN" DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERKAWINAN ISLAM (STUDI DESA TANJUNG TEBAT KECAMATAN LAHAT SELATAN)

Jannah, Cerya Nisa (2023) KARAKTERISTIK "ADAT PANTAUAN" DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERKAWINAN ISLAM (STUDI DESA TANJUNG TEBAT KECAMATAN LAHAT SELATAN). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
cover repository ica.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak repository ica.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text
BAB I REPOSITORY ICA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB II REPOSITORY ICA FIXFIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III REPOSITORY ICA FIXFIX nian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV REPOSITORY ICA FIXFIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB V REPOSITORY ICA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA repository ica.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Perkawinan ialah lembaga tertinggi yang merupakan salah satu budaya teratur menurut rangkaian budaya manusia dalam bermasyarakat, pada masyarakat maju budaya perkawinan juga berkembang, luas dan terbuka. Fenomena perkawinan di Indonesia memiliki berbagai keberagaman Adat dan budaya, dimana dari keberagaman tersebut ada sebagian yang mendistorsi Hukum Islam seolah Hukum Adat menjadi satu bagian tertinggi di bandingkan Hukum Islam. Adat pantauan menjadi salah satu contoh adat atau budaya yang hingga saat ini masih diterapkan, terkhusunya di Desa Tanjung Tebat Kecamatan Lahat Selatan. Adat pantauan sendiri memiliki beberapa macam faktor karakterisitik yaitu faktor pamrih, faktor ketaatan dan faktor tolong menolong dan terdapat pula tinjauan hukum perkawinan islam terhadap karakteristik Adat Pantauan di Desa Tanjung Tebat Kecamatan Lahat Selatan yang memiliki beberapa hal yang bertentangan dengan Hukum Islam. Pada penulisan skripsi ini, ada beberapa hal yang menarik untuk diteliti, yakni mengenai Adat Pantauan di Desa Tanjung Tebat Kecamatan Lahat Selatan. Jenis penelitian skripsi ini ialah melalui riset lapangan data kualitatif dan dari riset kepustakaan yang bertujuan untuk mengetahui faktor karakterisitik apa saja yang menjadi faktor kemudharatan dalam Adat pantaun yang diterapkan oleh masyarakat Desa Tanjung Tebat. Kemudian ditinjau melalui pandangan hukum perkawinan Islam. Data yang dikumpulkan secara terperinci dan dianalisis secara deskriptif kualitatif Penulisan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang menjadi karakteristik Adat Pantauan Desa Tanjung Tebat yaitu faktor pamrih dan faktor ketaatan masih sangat diterapkan di Desa Tanjung Tebat Kecamatan Lahat Selatan. Faktor pamrih faktor ketaatan. Tinjauan Hukum Perkawinan Islam terhadap karakteristik Adat Pantauan di Desa Tanjung Tebat kecamatan Lahat Selatan dapat disimpulkan menurut Al-Insan ayat 9 yang menjelaskan bahwa berilah makanan hanya demi rida Allah dan tidak mengharapkan balasan dan terima kasih.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: Cerya Nisa Jannah
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:18
Last Modified: 28 Aug 2023 08:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30054

Actions (login required)

View Item View Item