POLA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI DESA SUMBER BARU KECAMATAN MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Anti, Mita Damai (2023) POLA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI DESA SUMBER BARU KECAMATAN MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
MITA DAMAI ANTI 1930702060.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas Pola Kepemimpinan Politik Kepala Desa Perempuan dalam Meningkatkan Pembangunan di Desa Sumber Baru Kecamatan Mesuji Raya kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melelui wawancara langsung, observasi, dan dokumentasi. Informan sumber data primer dalam penelitian ini meliputi: kepala desa, sekretaris desa, tokoh masyarakat dan masyarakat di Desa Sumber Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola yang digunakan kepala desa dalam meningkatkan pembangunan di Desa Sumber Baru dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung serta penghambat kepala desa dalam meningkatkan pembangunan desa. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kepemimpinan politik menurut Andrew D. Heywood. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pertama pola kepemimpinan politik yang digunakan kepala desa perempuan dalam meningkatkan pembangunan cenderung mengarah pada kepemimpinan demokratis hal ini tercermin dalam berbagai aktivitas yang berlandaskan musyawarah dengan melibatkan masyarakat. Kedua, yang menjadi faktor pendukung kepala desa dalam meningkatkan pembangunan yaitu sumber daya manusia yang sudah mumpuni, dan partisipasi masyarakat yang aktif, kemudian faktor penghambatnya berupa hambatan yang bersifat sosial budaya, dan sumber dana. Jadi pola kepemimpinan politik yang terbentuk oleh kepala desa dapat dilihat dari pengalaman maupun pengetahuan yang telah diperoleh oleh pemimpin tersebut, jadi pola kepemimpinan politik tidak hanya berpacu pada jenis kelamin karena pada kenyataannya pemimpin perempuan di desa Sumber Baru ini beliau mampu memimpin desa dan membawa banyak perubahan untuk kesejahteraan masyarakat dan perkembangan desa Sumber Baru. Kata Kunci : Pola Kepemimpinan, Pemimpin Perempuan, Kepemimpinan Politik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:19
Last Modified: 28 Aug 2023 08:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30070

Actions (login required)

View Item View Item