ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN MENURUT PASAL 378 KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA DALAM PROSES PENYALURAN TENAGA KERJA SATUAN PENGAMANAN (Studi Di PT Indo Global Internasional Palembang)

rohim, khaliffah tur (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN MENURUT PASAL 378 KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA DALAM PROSES PENYALURAN TENAGA KERJA SATUAN PENGAMANAN (Studi Di PT Indo Global Internasional Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN MENURUT PASAL 378 KITAB UNDANG KHALIFFAHTUROHIM (1) (1) (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penulisan Skripsi yang berjudul “ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN MENURUT PASAL 378 KUHP DALAM PROSES PENYALURAN TENAGA KERJA SATPAM (STUDI PT INDO GLOBAL INTERNASIONAL PALEMBANG)” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masa sulit dan kelemahan ekonomi masyarakat kalangan menengah secara menyeluruh yang mendorong untuk terjadinya aksi penipuan dalam dunia kerja Tindak pidana penipuan merupakan kejahatan yang berawal dari adanya suatu kepercayaan pada orang lain, dan kepercayaan tersebut dikhianati karena terdapat keadaan dan waktu untuk melakukan kejahatan ini. Ancaman pidana bagi pelaku tindak pidana penipuan juga diatur dalam pasal yang sama, yaitu empat tahun penjara. Sedangkan dalam hukum Islam tidak mengatur secara khusus bagi pelaku tindak pidana ini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses tindak pidana penipuan pada penyaluran tenaga kerja satpam studi di PT Indo Global Internasional, dan bagaimana analisis hukum Islam tehadap proses penyaluran tenaga kerja satpam yang berbau penipuan. Penelitian ini termasuk yuridis empiris, sedangkan spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan informan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif, kemudian menyimpulkan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa proses penyaluran tenaga kerja satpam yang terindikasi penipuan. Proses tindak pidana penipuan pada penyaluran tenaga kerja satpam studi dilakukan oleh oknum yang bukan karyawan ataupun anggota PT Indo Global Internasionalmelainkan orang luar yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Dengan cara menipu korban yang ingin masuk dalam penempatan satpam di PT Indo Global Internasional. penipuan yang dilakukan dengan cara miminta uang kepada korban dengan mengiming-imingi agar bisa masuk PT Indo Global Internasional yang mengelola satpam/security. Analisis Hukum Islam Terhadap Tindak Pidana Penipuan Menurut Pasal 378 Kuhp Dalam Proses Penyaluran Tenaga Kerja Satpam termasuk pada jarimah ta’zir dimana hukumannya hanya bisa ditentukan oleh ulil amri. Kata kunci: Penipuan,tindak pidana, satpam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penipuan,tindak pidana, satpam
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: KHALIFFAH TURROHIM 1820103111
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:00
Last Modified: 30 Aug 2023 01:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30095

Actions (login required)

View Item View Item