UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG SIFAT-SIFAT BENDA MELALUI METODE CARD SORT DI KELAS III MI MUHAJIRIN PALEMBANG (Skripsi)

Umiati, Umiati (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG SIFAT-SIFAT BENDA MELALUI METODE CARD SORT DI KELAS III MI MUHAJIRIN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat-sifat Benda Melalui Metode Card Sort di Kelas III MI Muhajirin Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang terdiri atas 5 (lima) bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat benda di kelas III MI Muhajirin Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat benda di kelas III MI Muhajirin Palembang dan untuk mengetahui apakah pelaksanaan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat benda di kelas III MI Muhajirin Palembang. Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya hasil belajar siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua ) siklus. Diawali dengan kegiatan prasiklus dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan (Pengumpulan Data), dan Refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus, siswa dengan ketuntasan belajar hanya 16 siswa (57,14%) dengan nilai rata-rata 67,86. Kemudian hasil penelitian pada siklus I dengan melihat hasil belajar, siswa dengan ketuntasan belajar mencapai 24 siswa (85,71%) dengan nilai rata-rata 81,43. Dan pada hasil penelitian pada siklus II dengan melihat hasil belajar, siswa dengan ketuntasan belajar telah mencapai 28 siswa (100%) dengan nilai rata-rata 93,57. Maka setelah melihat perkembangan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat benda melalui metode Card Sort terdapat peningkatan yang sangat signifikan mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar, Sifat-sifat Benda, Metode Card Sort.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:58
Last Modified: 21 Apr 2016 02:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item View Item