PENENTUAN SYARAT PADA PERTENGAHAN PERJANJIAN DALAM JUAL BELI KREDIT PERALATAN PERTANIAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PADA DESA TELOK PAYO KABUPATEN BANYUASIN)

Yitndra, M Saydinal (2023) PENENTUAN SYARAT PADA PERTENGAHAN PERJANJIAN DALAM JUAL BELI KREDIT PERALATAN PERTANIAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PADA DESA TELOK PAYO KABUPATEN BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
cover repository ayin.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK REPOSITORY AYIN.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text
BAB I REPOSITORY AYIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB II REPOSITORY AYIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III REPOSITORY AYIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV REPOSITORY AYIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB V REPOSITORY AYIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA REPOSITORY AYIN.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Jual beli kredit yang dilakukan oleh masyarakat Desa Teluk Payo terjadi setiap musim panen atau musim bertani selalu ada yang menawarkan produk peralatan pertanian dengan pembayaran kredit. Jual beli kredit ini sangat membantu warga desa teluk payo karna mereka bisa membeli peralatan pertanian dengan cara mengangsurnya dikarenakan mereka tidak punya cukup uang jika membeli secara tunai. Dengan membeli peralatan untuk bertani tersebut tentunya memudahkan mereka dalam bertani dan hasilnya pun akan lebih baik. Namun dalam praktiknya terjadi penambahan sejumlah uang yang diakibatkan keterlambatan petani membayar angsuran karna kebun mereka mengalami gagal panen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli kredit peralatan pertanian di desa teluk payo kabupaten banyuasin dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap adanya penambahan sejumlah uang yang tidak disepakati.Dalam penulisan skripsi menggunakan penelitian lapangan (field research) karna penelitian ini dilakukan dilapangan yaitu tentang praktik jual beli kredit peralatan pertanian di Desa Teluk Payo Kabupaten Banyuasin. Adapun untuk menganalisis data penulis menggunakan metode data primer dan sekunder, yakni metode analisis mendeskripsikan suatu situasi atau area populasi tertentu bersifat faktual secara langsung. Kesimpulan yang dapat diambil dari punulisan skripsi ini adalah bahwa dalam praktik jual beli kredit peralatan alat pertanian ini adanya ketidaksesuaian yang terjadi antara pihak yang terlibat yaitu adanya penambahan jumlah uang yang tidak disepakati. Yang mana ketidaksesuaian ini terjadi karna gagalnya petani tersebut dalam bertani bahwa penerapan syarat-syarat pertengahan dalam pembiayaan peralatan pertanian di Desa Teluk Payo Kabupaten Banyuasin belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah. Hal ini terlihat dari beberapa syarat yang masih melanggar prinsip-prinsip syariah seperti penambahan sejumlah uang untuk pengambilan untung yang sebesar-besarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: M. SAYDINAL YITNDRA 1930104196
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:00
Last Modified: 30 Aug 2023 01:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30101

Actions (login required)

View Item View Item