TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI SESIKOK BELIMAU DALAM ADAT PERNIKAHAN (Studi Kasus Di Desa Tanjung Baru Ranau Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan)

fatmala, kiki (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI SESIKOK BELIMAU DALAM ADAT PERNIKAHAN (Studi Kasus Di Desa Tanjung Baru Ranau Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
cover kiki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAK kiki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I kiki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II kiki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IIl kiki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV kiki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V kiki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA kiki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Sesikok Belimau Dalam Adat Pernikahan ( Di Desa Tanjung Baru Ranau Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan)”. Tradisi sesikok belimau yaitu menyatukan kedua mempelai dan kedua keluarga untuk berdoa atau memohon kepada Allah SWT agar kedua mempelai dapat diberikan hidup rukun dan damai, diberikan rezeki yang lancar, dijauhkan balak dan diangkatkan harkat martabatnya, serta diberikan keselamtan dunia akherat atau menjadikan keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Penelitian ini di latar belakangi karna ada perbedaan persepsi keyakinan atau kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan tradisi sesikok belimau pada adat pernikahan. Dari penjelasan tersebut adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, 1). Bagaimana pelaksanaan tradisi “Sesikok Belimau” dalam adat pernikahan di Desa Tanjung Baru Ranau Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah Kabupaten Oku Selatan. 2). Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap tradisi “Sesikok Belimau” dalam adat pernikahan di Desa Tanjung Baru Ranau Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Jenis dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian lapangan ( field research), Metode yang digunakan pada penelitian ini metode kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan, data primer yaitu yang mana data-datanya diperoleh berdasarkan survey lapangan yang dilakukan dengan cara mengumpukan informasi - informasi melalui wawancara Tokoh adat, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, beserta masyarakat Desa Tanjung Baru Ranau. Dan data sekunder yaitu yang berasal dari buku, jurnal, dll. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu deskriptif analitis, kemudian akan disimpulkan secara induktif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yaitu, 1) Dalam pelaksanaan tradisi “Sesikok Belimau” yang akan dimulai dari tradisi sesikok terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan tradisi belimau. Sesikok adapun bahan yang digunakan seperti kembang dan benang 3 warna, pinang dan pisang gadis yang akan diikatkan menjadi satu yang memiliki makna filosofi dijauhkan tolak balak dan diangkatkan harkat martabatnya kedua mempelai. Adapun Belimau, bahan yang digunakan seperti air zam-zam dn jeruk nipis yang akan dicampurkam menjadi satu gelas, bahan-bahan inilah yang akan di bacakan oleh tetua adat seperti doa–doa kebaikan terhadap kedua mempelai yang mana air tersebut diminumkan dan dipercikkan oleh kedua mempelai. 2) Dalam pelaksanaan tradisi “Sesikok Belimau” berdasarkan Hukum Islam merupakan mubah ( boleh saja dilakukan) karna bertujuan berdoa atau memohon kepada Allah SWT agar kedua mempelai dapat menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah dalam kehidupanya. Kata Kunci : Tradisi Sesikok Belimau, Pandangan Hukum Islam, Desa Tanjung Baru Ranau

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tradisi Sesikok Belimau, Pandangan Hukum Islam, Desa Tanjung Baru Ranau
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: KIKI FATMALA 1920101073
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:06
Last Modified: 31 Aug 2023 01:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30185

Actions (login required)

View Item View Item