UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA SEKS KOMERSIAL DI MEDIA SOSIAL “MICHAT” SECARA NON PENAL OLEH MAJELIS ULAMA INDONESIA PROVINSI SUMATERA SELATAN

Ayu, Diah (2023) UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA SEKS KOMERSIAL DI MEDIA SOSIAL “MICHAT” SECARA NON PENAL OLEH MAJELIS ULAMA INDONESIA PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Bismillah Skripsi Diah Ayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi berjudul Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Seks Komersial Di Media Sosial “MiChat” Secara Non Penal Oleh Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Selatan. Rumusan masalah penulisan ini yaitu bagaimana upaya Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Selatan dalam menaggulangi tindak pidana seks komersial secara online di media sosial MiChat dan bagaimana tinjauan hukum pidana islam terhadap kegiatan seks komersial secara online di media sosial MiChat. Metode penelitian yang digunakkan penulis yaitu metode penelitian empiris atau lapangan (field research). Bentuk data kualitatif penelitian ini menggunakan Sumber Hukum yaitu Bahan Hukum Primer, Bahan Hukum Sekunder dan Bahan Hukum Tersier. Teknik penarikan kesimpulan secara Deduktif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, Tindak pidana seks komersial media sosial khususnya aplikasi MiChat dapat terjadi karena adanya akses yang sangat mudah dan bebas, websitesecara khusus di dunia prostitusi online semakin menegaskan bahwa praktek haram, seks komersial dapat dijerat dengan ketentuan dari Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 yakni tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan atau denda paling lama Rp. 5 miliar. Pelaku perbuatan tindak pidana seks komersial di media sosial melalui lembaga ta’zir, setiap perbuatan maksiat yang tidak dapat dikenai sanksi hudud (termasuk didalamnya qishas) atau kaffarah dikualifikasikan sebagai jarimah ta’zir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Upaya MUI, Aplikasi MiChat, Dasar Hukum Seks Komersial.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: DIAH AYU 1910103023
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:06
Last Modified: 31 Aug 2023 01:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30209

Actions (login required)

View Item View Item