PERUBAHAN DAN KESINAMBUNGAN KENDURIAN SURTANAH DI KELURAHAN SARI BUNGA MAS KECAMATAN LAHAT KABUPATEN LAHAT SUMATERA SELATAN

DEWI, SEFTIANA KUMALA (2023) PERUBAHAN DAN KESINAMBUNGAN KENDURIAN SURTANAH DI KELURAHAN SARI BUNGA MAS KECAMATAN LAHAT KABUPATEN LAHAT SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini diberi judul “Perubahan dan Kesinambungan Kendurian Surtanah di Kelurahan Sari Bunga Mas Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat”. Kendurian surtanah dilaksanakan oleh masyarakat Kelurahan Sari Bunga Mas yang sebagian besar masyarakat tergolong kedalam imigrasi dari pulau Jawa. Selayaknya masyarakat Jawa pada umumnya masyarakat di Kelurahan Sari bunga Mas masih menjalankan kendurian surtanah. Adapun tujuan dan manfaat dalam skripsi ini yang pertama, untuk mengetahui praktik kendurian surtanah di Kelurahan Sari Bunga Mas. Kedua, untuk mengetahui perubahan dan kesinambungan kendurian surtanah di Kelurahan Sari Bunga Mas. Ketiga, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dan kesinambungan kendurian surtanah di Kelurahan Sari Bunga Mas. Serta diharapkan penelitian ini menambah ilmu pengetahuan dan bahan rujukan terhadap penelitian selanjutnya. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian Lapangan (field research). Metode yang digunakan yakni metode kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yakni pemuka agama Islam (Ustad) dan tokoh masyarakat yang mengetahui kendurian surtanah. Kemudian sumber data sekunder yakni dokumen dari kantor Kelurahan Sari Bunga Mas, buku-buku, karya ilmiah, google books, jurnal, artikel dan internet. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh, yakni: 1). Kendurian surtanah dilakukan ketika salah seorang warga Kelurahan Sari Bunga Mas meninggal dunia maka para tetangga akan berdatangan ke rumah duka untuk membantu dan menghibur keluarga yang ditinggalkan. Setelah pemakaman jenazah telah selesai maka para pelayat kembali ke rumah duka untuk melakukan kendurian surtanah dengan berkumpul tahlilan yang dipimpin Ustad atau Modin dan mendoakan agar jenazah di lapangkan kuburnya. Kendurian surtanah di Kelurahan Sari Bunga Mas yang dilakukan pelayat laki-laki dan disajikan tumpeng pungkur, sega rasul, nasi ambeng, ingkung ayam, sayuran, dan lauk pauk. 2). Kendurian surtanah di Kelurahan Sari Bunga Mas ini mengalami perubahan dan kesinambungan. Perubahan kendurian surtanah di Kelurahan Sari Bunga Mas ialah pelaksana dan sajian. Sedangkan kesinambungan kendurian surtanah di Kelurahan Sari Bunga Mas ialah cara penentuan kendurian surtanah, pelaksanaan, dan struktur sosial. 3). Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dan kesinambungan kendurian surtanah di kelurahan Sari Bunga Mas. Pertama, faktor yang mempengaruhi perubahan yakni masyarakat yang majemuk dan kurangnya rasa cinta budaya. Kedua, faktor yang mempengaruhi kendurian surtanah di Kelurahan Sari Bunga Mas yakni kemajemukan suku dan toleransi yang tinggi akan kemajemukan masyarakat. Peneliti memberikan saran kepada generasi muda Kelurahan Sari Bunga Mas untuk menjaga dan melestarikan budaya yang sudah ada selama itu tidak melanggar syariat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesinambungan, Kendurian, Surtanah
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: SEFTIANA KUMALA DEWI 1820301012
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:06
Last Modified: 31 Aug 2023 01:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30213

Actions (login required)

View Item View Item