DAMPAK MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG)

YULIA RAHMA NURSHANTI, YULIA (2023) DAMPAK MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG). DAMPAK MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG). (Submitted)

[img] Text
Jurnal Yulia Rahma Nurshanti.docx

Download (47kB)

Abstract

Media sosial menjadi kebutuhan penting dalam hidup manusia saat ini selain menjadi tempat interaksi sosial dan mempererat tali silahturahmi serta untuk memperluas jejaring sosial. Media sosial tiktok merupakan aplikasi media sosial terbaru yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan berbagai video menarik. Jenis penelitian yang di gunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Jenis data yang ada dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang bersifat menggambarkan suatu objek dalam penelitian. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dapat secara langsung dari mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam dengan wawancara dan dokumentasi. Maka penelitian ini menghasilkan temuan pemahaman mahasiswa Ushuluddin tentang tiktok ialah media sosial atau media online yang berbasis video dengan durasi pendek, yang memberikan special effects unik dan menarik yang dapat digunakan oleh penggunanya. Dampak positif dari tiktok sendiri bisa mencari informasi-informasi atau berita yang update dan banyak konten kreator membuat video tentang dakwah dan lainnya, sedangkan dampak negatifnya banyak video atau konten yang terkadang tidak layak untuk dilihat dan ditonton. Sedangkan bentuk perilaku keagamaan mahasiswa Ushuluddin kebanyakan tidak terganggu dan masih bisa berjalan semestinya seperti ibadah shalat. Dan hanya beberapa yang lalai ibadah shalatnya karna mengscrolling video atau konten tiktok.

Item Type: Article
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Depositing User: YULIA RAHMA NURSHANTI 1830301066
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:14
Last Modified: 01 Sep 2023 08:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30238

Actions (login required)

View Item View Item