PENGGUNAAN PERHIASAN EMAS PADA ACARA PERNIKAHAN PERSPEKTIF UTILITARIANISME JOHN STUART MILL (Fenomena Warga Desa Ulak Kembahang Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir )

DIAN ALDINI, DIAN ALDINI (2023) PENGGUNAAN PERHIASAN EMAS PADA ACARA PERNIKAHAN PERSPEKTIF UTILITARIANISME JOHN STUART MILL (Fenomena Warga Desa Ulak Kembahang Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir ). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
caver bebas.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK bebas.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-5.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: Penggunaan Perhiasan Emas Pada Acara Pernikahan Perspektif Utilitarianisme John Stuart Mill. Fenomena Warga Desa Ulak Kembahang Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini dilatar belakangi oleh cenderungnya masyarakat memakai perhiasan sehingga terkesan seperti berlomba-lomba. Perhiasan ini dipakai pada berbagai acara tekhusus acara pernikahan tentunya masyarakat mempunyai gambaran dan analisis yang melatar belakangi kenapa ia memakai perhiasan tersebut. Hal ini menjadi fokus penulis yang akan dikaitkan dengan pemikiran John Stuart Mill. Agar mendapatkan hasil data yang akurat penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research) dengan mewawancara langsung subjek. Adapun subjek penelitian ialah Perhiasan Emas dikalangan warga Desa Ulak Kembahang Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta data sekunder lainnya seperti buku, jurnal dan hasil penelitian lainnya. Hasil penelitian yang peneliti lakukan ditemukan bahwa konsep-konsep utilitarianisme John Stuart Mill lebih pokus kepada apa yang menjadi respresentasi seseorang terhadap sebuah subjek, fakta atau peristiwa yang dialami. Utilitarianisme John Stuart Mill berpusat kepada empat tolak unsur utilitarianisme adalah; yang baik akibatnya baik, yang baik akibatnya berguna, yang baik akibatnya bahagia dan yang baik nikmat bahagia untuk orang banyak. Dalam analisis fenomena pada dua belas subjek peneliti ini ditemukan bahwa terdapat tiga orang yang melakukan perbuatan baik yang berakibat baik, empat orang yang melakukan perbuatan baik yang berakibat berguna, tiga orang yang melakukan perbuatan baik berakibat bahagia dan tiga orang yang melakukan perbuatan baik nikmat dan bahagia bagi banyak orang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: DIAN ALDINI 1930302055
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:14
Last Modified: 01 Sep 2023 08:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30245

Actions (login required)

View Item View Item