PERSEPSI ANGGOTA HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG PALEMBANG TERHADAP PEMBERITAAN DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM (Studi Kasus Pada Meninggalnya Anak Santri Di Lingkungan Pesantren Gontor)

Oktalina, Oktalina (2023) PERSEPSI ANGGOTA HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG PALEMBANG TERHADAP PEMBERITAAN DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM (Studi Kasus Pada Meninggalnya Anak Santri Di Lingkungan Pesantren Gontor). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Oktalina 1920701026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Persepsi merupakan hasil psikologis yang dilakukan otak manusia atas informasi yang diterima oleh panca indera. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa persepsi anggota Himpunan Mahasiswa Islam cabang Palembang terkait pemberitaan di media online kompas.com tentang anak santri meninggal di lingkungan pesantren gontor. Dalam menganalisa informasi yang didapat dari narasumber maka digunakan Teori S-O-R. Data pada penelitian ini didapat dengan Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu menemukan atau meneliti hubungan antar variabel. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk memberikan gambaran atau gambaran secara deskriptif, sistematis, faktual dan akurat tentang fakta, ciri-ciri dan hubungan antara fenomena yang diteliti.dengan dua jenis latar belakang pendidikan yang berbeda yaitu lulusan sekolah menengah dan lulusan pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota HMI cabang Palembang dapat menerima informasi berita santri gontor meninggal di lingkungan pesantren gontor dengan sangat baik dan jelas. Bisa dilihat dari “Indikator Perhatian” yang mempunyai nilai 3,58. Pada “Indikator pengertian dan pemahaman” dengan skor rata-rata 3,33, maka dapat dilihat bahwa responden dapat mengerti dan memahami berita anak santri meninggal di lingkungan pesantren gontor dengan sangat baik. Pada “Indikator penerimaan” dengan rata-rata skor 3,21, maka dapat dilihat bahwa Anggota Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Palembang dapat memberikan penilaian mengenai berita anak santri meninggal di lingkungan pesantren gontor dengan sangat baik. Kata kunci : Persepsi, Berita, Media Internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:14
Last Modified: 01 Sep 2023 08:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30259

Actions (login required)

View Item View Item