ANALISIS KUALITAS LAYANAN DIGITAL DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA MENGUNAKAN MODEL KANO

Putra Pratama, Muhammad Nooprialdi (2022) ANALISIS KUALITAS LAYANAN DIGITAL DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA MENGUNAKAN MODEL KANO. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
01_SKRIPSI A.N M NOPRIALDI PUTRA P 1820403031.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Layanan digital merupakan suatu inovasi yang di berikan kepada pemustaka agar mempermudah pemustaka mencari informasi yang di perlukan. Akan tetapi menjadi sebuah pertanyaan apakah layanan tersebut sudah maksimal di berikan kepada pemustaka, dapat di bayangkan laju layanan tersebut akan jalan di tempat apabila tidak perna di ukur bagaimana tingkat kualitas layanan tersebut berjalan seiring waktu. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah anggota aktif UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya yang berjumlah 25.502. Teknik penentuan sampel menggunakan sampling aksidental dan perhitungan jumlah sampel menggunakan slovin dengan keberhasilan mencai 90% dan taraf signifikat 10% yang berjumlah 100 responden. Metode Pengumpulan data yaitu menggunakan kuisoner model kano dengan skala likert. Uji Validitas Instrument penelitian menggunakan Product Moment, Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpah 0,6. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa didapatkan setiap variabel, sub variabel dan indikator menunjukan ada pada nilai grade One-Dimensional (O). Sedangkan untuk tingkat kualitas layanan digital UPT perpustakaan universitas sriwijaya ditinjau dengan pendekatan Model Kano menunjukan nilai yang Tinggi. Dengan semua indikator tingkat kualitas layanan pada layanan digital menunjukan nilai diatas 0,5. Akan tetapi ada 10 atribut yang kebutuhanan pelangan atau nilai worse mendekati angka -1. Yakni pada indikator Tangibels 1, Tangibels 4, Realibilty 2, Realibility 3, Responsivness 1, Responsivness 2, Responsivness 3, Assurance 2, Assurance 3, dan Assurance 4. Berarti tingkat kebutuhan pengguna layanan digital tidak terpenuhi namun masih di kategorikan dalam kondisi puas karena nilai better dari setiap indikator masih mendekati pada angka 1 Yang berarti nilai yang keluar dari hasil analisis masih di atas garis linear model kano sehingga kualitas layanan digital masih tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Kualitas Layanan Digital, Model Kano
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: M. NOPRIALDI PUTRA PRATAMA 1820403031
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:14
Last Modified: 01 Sep 2023 08:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30267

Actions (login required)

View Item View Item