Pikiran-Pikiran Bahagia-Derita pada Penderita Penyakit di Pondok Pengobatan Miftahussyifa Perspektif Stoikisme Epictetus

Riska Mailinda, Riska Mailinda (2023) Pikiran-Pikiran Bahagia-Derita pada Penderita Penyakit di Pondok Pengobatan Miftahussyifa Perspektif Stoikisme Epictetus. Pikiran-Pikiran Bahagia-Derita pada Penderita Penyakit di Pondok Pengobatan Miftahussyifa Perspektif Stoikisme Epictetus. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI RISKA MAILINDA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only until 4 September 2023.

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini adalah studi tentang “Pikiran-Pikiran Bahagia-Derita pada Penderita Penyakit di Pondok Pengobatan Miftahussyifa Perspektif Stoikisme Epictetus”. Penelitian ini dilatarbelakangi masalah ingin mencari tahu penyebab orang berpikiran bahagia dan derita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pikiran-pikiran derita-bahagia penderita penyakit di Pondok Pengobatan Miftahussyifa dalam perspektif Stoikisme Epictetus. Metode penelitian dalam skripsi ini dikaji dengan penelitian lapangan (Field Research). Metode dan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data, yaitu 1. Sumber Data Primer (subjek penelitian yang berobat di Pondok Pengobatan Miftahussyifa), 2. Sumber Data Sekunder (foto dan wawancara subjek penelitian dan pendamping). Selanjutnya, teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang terakhir, teknik analisis data adalah induktif-deskriptif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa konsep-konsep Stoikisme Epictetus lebih berfokus pada apa yang menjadi representasi seseorang terhadap sebuah subjek, fakta atau peristiwa yang dialami, baik atau buruk. Selain itu, Stoikisme Epictetus juga berpusat kepada hal-hal yang dapat dikendalikan (some thing are up to us). Dalam analisis kasus pada sepuluh subjek penelitian ini ditemukan bahwa terdapat tujuh orang yang menerapkan konsep bahagia Stoikisme Epictetus, sedangkan tiga lainnya menerapkan konsep derita Stoikisme Epictetus. Dari data yang telah didapatkan, ketujuh subjek penelitian membangun pikiran-pikiran positif terhadap sakit yang mereka rasakan, sedangkan tiga lainnya membangun pikiran-pikiran negatif yang berasal dari emosi negatif, yaitu hasil cara berpikir yang salah. Kata kunci: Bahagia, Derita, Epictetus, Pikiran, Stoikisme.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bahagia, Derita, Epictetus, Pikiran, Stoikisme
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: RISKA MAILINDA 1920302019
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:40
Last Modified: 04 Sep 2023 02:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30283

Actions (login required)

View Item View Item