PERAN INTERNET DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BAGI NASABAH DI PT. PEGADAIAN KANTOR CABANG SYARIAH SIMPANG PATAL KOTA PALEMBANG

Daumarsyah, M. Bagus (2023) PERAN INTERNET DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BAGI NASABAH DI PT. PEGADAIAN KANTOR CABANG SYARIAH SIMPANG PATAL KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover M. Bagus Daumarsyah.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak M. Bagus Daumarsyah.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text
Bab 1 M. Bagus Daumarsyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2 M. Bagus Daumarsyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 M. Bagus Daumarsyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 M. Bagus Daumarsyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 M. Bagus Daumarsyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka M. Bagus Daumarsyah.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di PT. Pegadaian Kantor Cabang Syariah Simpang Patal Kota Palembang mengalami peningkatan dari tahun 2018 hingga tahun 2022. Sehingga peneliti berusaha menganalisis bagaimana peran internet dalam meningkatkan jumlah nasabah UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari karyawan PT. Pegadaian kantor cabang syariah simpang patal kota palembang. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan internet akan membuat segala transaksi yang dilakukan nasabah akan menjadi mudah dan cepat hal ini disebabkan nasabah dapat melakukan pengajuan pembiayaan UMKM di manapun dan kapan pun berada tanpa harus berada di outlet Pegadaian kantor cabang syariah simpang patal kota palembang. Cukup dengan menginstal aplikasi Pegadaian Digital Service pada gadget nasabah sudah mendapatkan layanan yang hampir sama dengan melakukan kunjungan ke outlet – outlet pegadaian syariah, sehingga peran penggunaan internet dalam meningkat jumlah nasabah UMKM dapat dikatakan cukup penting. Hanya saja terdapat faktor-faktor yang menghambat penggunaan internet ini dalam mengembangkan ataupun meningkatkan nasabah UMKM pada PT. Pegadaian kantor cabang syariah simpang patal kota palembang seperti kurangnya pemahaman tentang internet, jauhnya lokasi nasabah dari jangkauan internet, serta faktor lainnya. Kata Kunci : UMKM, Internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Internet.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: M. BAGUS DAUMARSYAH 1930603230
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:15
Last Modified: 01 Sep 2023 08:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30296

Actions (login required)

View Item View Item