Implementasi Pengelolaan Dana Desa terhadap Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Lebung Itam Kec. Tulung Selapan)

Gio Vani, Roberto (2022) Implementasi Pengelolaan Dana Desa terhadap Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Lebung Itam Kec. Tulung Selapan). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi .pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Slideshow
skripsi bab 1-5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pengelolaan Dana Desa terhadap Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Study Kasus di Desa Lebung Itam Kec.Tulung Selapan)” ini ditulis oleh Roberto Giovani, NIM 1820602146. Dana Desa adalah dana yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) yang di peruntuk kan bagi Desa, yang di transfer melalui anggaran belanja daerah Kabupaten atau Kota. Dana ini digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan, pelaksanaan pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat Desa. Implementasi pengelolaan Dana Desa yang efektif dan efisien memiliki peran penting dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembangunan, upaya pemberdayaan, dan upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Lebung Itam Kec. Tulung Selapan. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan implementasi pembangunan dan upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Lebung Itam Kec Tulung Selapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembangunan adalah pada sub bidang pendidikan, kesehatan, Upaya peningkatan kapasitas aparatur desa. Upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat berdasarkan teori Rostow dalam bukunya The stage of economic growth: a non communist manifesto”, peneliti menyimpulkan bahwa masyarakat Desa Lebung Itam termasuk kedalam masyarakat yang berada di tahap pra syarat lepas landas. Bangunan tempat tinggal permanen mendominasi sebesar 80,53%, bangunan bukan permanen 16,87%. Dan bangunan bukan tempat tinggal 2,6% . Kata Kunci: Dana Desa, Pembangunan, Pemberdayaan, Pertumbuhan Ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Pembangunan, Pemberdayaan, Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: ROBERTO GIO VANI 1820602146
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:40
Last Modified: 04 Sep 2023 02:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30298

Actions (login required)

View Item View Item