EVALUASI PROGRAM TAMAN BACA RELAWAN DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI MASYARAKAT DI KECAMATAN KEMUNING PALEMBANG MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUCT)

Putri, Nur Annisa (2023) EVALUASI PROGRAM TAMAN BACA RELAWAN DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI MASYARAKAT DI KECAMATAN KEMUNING PALEMBANG MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUCT). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
fix print full bab nur annisa putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program literasi di taman Baca Relawan Kecamatan Kemuning Palembang Tersebut menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process And Product) serta aspek apa saja yang perlu ditingkatkan kembali dalam program ini. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 68 dan penulis mengambil sampel sebanyak 38 yakni anggota masyarakat yang mengikuti program literasi di Taman Baca Relawan menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Uji validitas menggunakan product moment sedangkan uji reabilitas mennggunakan cronbach alpha dengan perhitungan menggunakan SPSS 26 for windows. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan rumus mean dan grand mean. untuk mengukur dan untuk menyimpulkan hasil penelitian menggunakan skala interval. Hasil dari analisis data keseluruhan sub variabel yaknisub variabel Evaluasi Context, evaluasi Input, evaluasi Process, evaluasi Product dengan total nilai Grand Mean seluruhnya adalah 3,70. Dan nilai tersebut berada pada rentang skala 3,26-4,0 yang menunjukan bahwa evaluasi pada program literasi di Taman Baca Relawan tergolong baik. Dan hasil dari penelitian ini terdapata indikator yang perlu di tingkatkan yaitu indikator context. Berdasarkan nilai perolehan maka peneliti dapat menyimpulkan hasil temuan bahwa evaluasi program literasi Taman baca Relawan berkategori baik dan mampu memberikan peningkatan literasi masyarakat Kemuning.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Taman Baca Masyarakat, literasi, Model CIPP.
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Perpustakaan umum
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Membaca, kebiasaan membaca
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: NUR ANNISA PUTRI 1810403014
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:31
Last Modified: 05 Sep 2023 03:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30412

Actions (login required)

View Item View Item