Efektivitas Pelaksanaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Desa Batu Ampar Kecamatan Sirah Pulau Padang)

Maulidah, Maulidah (2023) Efektivitas Pelaksanaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Desa Batu Ampar Kecamatan Sirah Pulau Padang). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI FIX (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan bantuan dari pemerintah yang diberikan melalui Kementerian Sosial dan Dinas Sosial dengan tujuan untuk membantu meringankan sebagian beban pengeluaran masyarakat yang telah terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelaksanaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Batu Ampar dan Efektivitas Pelaksanaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Batu Ampar dalam Perspektif Islam. Landasan teori dalam penelitian ini yaitu kebijakan publik, Efektivitas, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan konsep kesejahteraan. Dalam pengukuran efektivitas menggunakan teori menurut Budiani yang terdiri dari empat (4) indikator yaitu, ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program dan pemantauan program. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dikeluarkan Kementerian Sosial melalui peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Batu Ampar Kecamatan Sirah Pulau Padang. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder yang didapatkan melalui lapangan, wawancara maupun studi pustaka. Informan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, dengan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah efektivitas pelaksanaan Bantuan pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Batu Ampar, Kecamatan Sirah Pulau Padang yang diukur dari dari 4 indikator. Penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran dikarenakan masih ada masyarakat miskin yang belum mendapatkan bantuan tersebut, tidak adanya sosialisasi yang dilakukan Dinas Sosial ke daerah – daerah dikarenakan keterbatasan dana, tujuan diberikannya bantuan tersebut sudah disedikit dirasakan oleh para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) walaupun jadwal penyaluran yang tidak menentu, dan pemantauan yang dilakukan oleh stakeholder Kecamatan pada saat penyaluran berlangsung masih belum maksimal. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, dalam ketepatan sasaran program masih belum efektif karena masih ada penyaluran yang belum tepat sasaran, sosialisasi program yang belum efektif, tujuan program yang sudah cukup efektif dan pemantauan program yang belum efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, BPNT
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: MAULIDAH 1810602042
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:34
Last Modified: 06 Sep 2023 01:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30420

Actions (login required)

View Item View Item