PENGARUH PENERAPAN BODY LANGUAGE GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL AMAL PALEMBANG

Yulianti, Shofie (2023) PENGARUH PENERAPAN BODY LANGUAGE GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL AMAL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text
2_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pada pengamatan awal di kelas VII SMP Nurul Amal Palembang, terdapat permasalahan mengenai problem yang dialami guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu peserta didik kurang mengamati guru, serta komunikasi guru dan peserta didik belum maksimal. Maka dari itu diperlukan solusi dengan penggunaan body language guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemahaman belajar peserta didik ketika diterapkan body language guru di SMP Nurul Amal Palembang dan untuk melihat terdapat pengaruh atau tidak dari pemahaman belajar peserta didik setelah diterapkannya body language guru. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Eksperimen yang digunakan ialah bentuk posttest control group design karena desain ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang digunakan ialah kelas VII.1 dan VII.2. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya ialah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan pemahaman belajar peserta didik yang diterapkan body language guru. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis hipotesis menggunakan uji t dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,75 < 4,17 > 0,55 dan Ha diterima. Oleh karena itu disimpulkan bahwa dengan penggunaan body language guru pemahaman belajar peserta didik lebih baik dibandingkan sebelum digunakan body language guru. Penggunaan body language guru ini dapat memberi masukan kepada guru dan meningkatkan kualitas pemahaman belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Body Language Guru, Pemahaman Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: SHOFIE YULIANTI 1930202216
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:33
Last Modified: 04 Oct 2023 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30432

Actions (login required)

View Item View Item