ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF PADA AKUN YOUTUBE USTADZ HILMAN FAUZI (Studi Penerimaan pada Penonton Youtube Ustadz Hilman Fauzi)

SUCI, YANANTI PUTRI (2023) ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF PADA AKUN YOUTUBE USTADZ HILMAN FAUZI (Studi Penerimaan pada Penonton Youtube Ustadz Hilman Fauzi). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
YANANTI PUTRI SUCI 1910701011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dakwah pada zaman sekarang ini tidak hanya harus disampaikan pada pengajian ataupun acara-acara peringatan hari Islam, dan tidak selalu bertempat pada masjid, majelis ta’lim maupun tempat lainnya. Dakwah yang disampaikan pada masa sekarang dapat disampaikan melalui media sosial, salah satunya youtube. Adapun salah satu da’i yang memanfaatkan media sosial youtube sebagai sarana dalam berdakwah ialah Ustadz Hilman Fauzi, dimana beliau memiliki channel youtube pribadi yang kerap mengupload konten-konten dakwah berupa ceramah agama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan komunikasi persuasif dan penerimaan penonton youtube terhadap pesan dakwah pada video youtube Ustadz Hilman Fauzi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif berdasarkan pendekatan teori reception anaylsis. Sumber data diperoleh dari hasil dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa pesan dominan yang ditampilkan dalam video youtube Ustadz Hilman Fauzi. Kemudian informan memiliki penerimaan beragam terhadap wacana dominan yang ditawarkan tersebut dan diklasfikasikan ke dalam ketiga posisi berbeda yakni posisi dominan, negosiasi dan oposisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:33
Last Modified: 06 Sep 2023 01:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30448

Actions (login required)

View Item View Item