TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM DAN PASAL 44 KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA TERHADAP PELAKU PENCURIAN PENGIDAP KLEPTOMANIA (STUDI PUTUSAN NOMOR : 32/Pid.B/2018/PN.Kpg)

Tiara, Bunga Putri (2023) TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM DAN PASAL 44 KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA TERHADAP PELAKU PENCURIAN PENGIDAP KLEPTOMANIA (STUDI PUTUSAN NOMOR : 32/Pid.B/2018/PN.Kpg). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER SKRIPSI BUNGA PUTRI TIARA 1920102023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I SKRIPSI BUNGA PUTRI TIARA 1920102023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II SKRIPSI BUNGA PUTRI TIARA 1920102023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SKRIPSI BUNGA PUTRI TIARA 1920102023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SKRIPSI BUNGA PUTRI TIARA 1920102023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Kleptomania mulanya berasal dari bahasa Yunani, yaitu “kleptin” yang berarti mencuri dan “mania” yang berarti kegilaan (perasaan yang kuat dan menggebu-gebu).Jadi bisa dikatakan bahwa kleptomania berarti suatu gangguan kejiwaan mencuri atau juga dapat diartikan sebagai suatu kegairahan rangsangan seksual yang berasosiasi dengan dorongan untuk melakukan perbuatan mencuri. Berkenaan dengan putusan 32/Pid.B/2018/Pn. Kpg yang merupakan sebuah kasus pencurian yang dilakukan oleh pengidap kleptomania oleh seorang ibu rumah tangga. Sehingga peristiwa tersebut tentunya sangat meresahkan masyarakat. Dan berdasarkan pembahasan tersebut, pokok masalah dalam skripsi ini : 1. Bagaimana Tinjauan Hukum Pidana Islam Dan Pasal 44 KUHP Terhadap Pelaku Pencurian Pengidap Penyakit Kleptomania, 2. Bagaimana Analisis Putusan Hakim Nomor 32/Pid.B/2018/PN.Kpg Ditinjau Dari Hukum Pidana Islam Dan Pasal 44 KUHP Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode studi kepustakaan (library research) yaitu suatu penelitian yang mengemukakan, menggambarkan, dan menguraikan seluruh permasalahan dengan sumber informasi berasal dari buku-buku Hukum, jurnal, artikel, maupun referensi lain yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas. Penelitian ini menggunakan bahan hukum primer, yaitu data asli yang dihasilkan dari sumbernya seperti Al-Qur’an, hadits, dan peraturan perundang-undangan, sedangkan bahan hukum sekunder yaitu data yang diambil oleh berbagai macam literatur seperti buku-buku dan jurnal, sementara bahan hukum tersier yaitu data pendukung bahan hukum primer dan sekunder. Adapun hasil pengolahan data dari proses penelitian ini bahwa tindak pidana pencurian oleh pengidap kleptomania menurut hukum Islam akan dikenakan sanksi denda yang akan dibebankan kepada orang tua atau wali, Sedangkan menurut pasal 44 ayat KUHP tentang pertanggungjawaban maka bagi pelaku tindak pidana yang mengalami cacat jiwa atau penyakit lainnya yang tidak bisa dipertanggungjawabkan maka Hakim memiliki wewenang mengirim kerumah sakit jiwa paling lama satu tahun. Persamaannya ialah terletak pada perbuatannya dimana perbuatan tersebut sangat meresahkan masyarakat karena melanggar etika/moral dan kesusilaan, sedangkan perbedaanya ialah ialah sanksi menurut hukum islam akan dikenakan denda yang akan dibebankan kepada orang tua atau wali dan menurut hukum positif dikenakan hukuman sebagaimana pasal yang berlaku sesuai fakta di persidangan tentang pencurian dan dicantumkan pasal 44 KUHP. Memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi penulis supaya lebih memhami secara langsung tentang hukum pencurian dan juga hal-hal yang harus diketahui sebelum memutuskan hukuman bagi pelaku pencurian Bagi Peneliti lainagar menjadi bahan acuan, untuk memperluas wawasan pengetahuan dan pemahaman tentang kesadaran terhadap hukum pelaku pencurian pengidap kleptomania.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kleptomania, Hukum Islam, KUHP
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: BUNGA PUTRI TIARA 192002023
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:31
Last Modified: 06 Sep 2023 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30463

Actions (login required)

View Item View Item