Kepercayaan Masyarakat Terhadap Mitos Ular Weling (Studi di Lingkungan Karang Anyar Kelurahan Bukitbaru Kecamatan Ilir Barat Satu)

yani, Septi (2023) Kepercayaan Masyarakat Terhadap Mitos Ular Weling (Studi di Lingkungan Karang Anyar Kelurahan Bukitbaru Kecamatan Ilir Barat Satu). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
revisi septi fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Kepercayaan Masyarakat Terhadap Mitos Ular Weling (Studi Kasus di Lingkungan Karang Anyar Kelurahan Bukitbaru Kecamatan Ilir Barat Satu)”. Adapun latar belakang permasalahannya bermula dari masyarakat Lingkungan Karang Anyar yang masih mempercayai mitos ular weling walaupun zaman telah modern. Ular weling dimitoskan sebagai pengngat bila seseorang lupa pada janji/nazar yang telah diucapnya, maka ular ini akan hadir di sekitarnya seperti hanya untuk mengingatkan. Ular ini juga mengingatkan di jalan apabila ada kesialan yang mungkin saja akan terjadi. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimana sistem kepercayaan masyarakat terhadap mitos ular weling di Lingkungan Karang Anyar dan apa sebab masyarakat Lingkungan Karang Anyar masih mempercayai mitos ular weling. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sistem kepercayaan masyarakat terhadap mitos ular weling di Lingkungan Karang Anyar dan untuk mengetahui sebab masyarakat Lingkungan Karang Anyar masih mempercayai mitos ular weling. Jenis penelitian ini adalah Field Research (penelitian lapangan) dengan jenis data kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini dengan mengambil informan Tokoh Adat, Tokoh Pemerintahan dan warga Lingkungan Karang Anyar. Sedangkan data sekundernya adalah buku-buku, jurnal dan artikel. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepercayaan masyarakat Lingkungan Karang Anyar terhadap mitos ular weling sangatlah beragam. Semua ini tidak lain karena kepiawayan orang Jawa dalam ilmu titen, sehingga masyarakat selalu tanggap terjadap suatu fenomena dari alam. Ada masyarakat yang mempercayai sebab merupakan wejangan dari para orang tua dahulu, ada juga yang mempercayai karena ikut-ikutan mayoritas masyarakat yang ada dan ada pula yang tidak mempercayai bahkan cenderung tidak mengetahui mitos ini. Terakhir ada juga yang tidak mempercayai karena termasuk perbuatan yang syirik. Makna yang terkandung dalam mitos ini adalah mitos ular weling membuat masyarakat untuk selalu ingat serta senantiasa waspada karena musibah tidak ada yang tau. Hal ini sesuai dengan landasan batin orang Jawa yakni eling lan waspada. Beberapa alasan yang membuat mitos ular weling masih dipercayai hingga saat ini diantaranya, pertama karena mitos ini adalah wejangan turun temurun dari para leluhur. Kedua karena ikut-ikutan mayoritas masyarakat yang ada. Ketiga karena takut mendapatkan musibah bila tidak menjalankan aturan mitos. Keempat karena mempunyai pengalaman tersendiri mengenai mitos ini. Dan terakhir karena melihat pengalaman yang dimiliki orang lain secara langsung..

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan. Mitos, Ular Weling
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
200 Agama > 297 Islam > 2x8 Aliran dan Sekte Islam
Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Septiyani - -
Date Deposited: 07 Sep 2023 00:23
Last Modified: 07 Sep 2023 00:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30502

Actions (login required)

View Item View Item