Pembayaran Hutang Sewa Terhadap Akad Sewa Menyewa Tenda Hajatan (Studi Kasus Kecamatan Muaradua Kabupaten Ogan Kombering Ulu Selatan)

Putri, Cindi Anggraini (2023) Pembayaran Hutang Sewa Terhadap Akad Sewa Menyewa Tenda Hajatan (Studi Kasus Kecamatan Muaradua Kabupaten Ogan Kombering Ulu Selatan). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembangb.

[img]
Preview
Text
COVER CIPIT.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK CIPIT.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 CIPIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II CIPIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III CIPIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV CIPIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V CIPIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTRA PUSTAKA CIPIT.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Pembayaran Hutang Sewa Terhadap Akad Sewa Menyewa Tenda Hajatan (Studi Kasus Kecamatan Muaradua Kabupaten Ogan Kombering Ulu Selatan). Latar belakang permasalahan ini yaitu dalam proses pelunasan pembayaran sewa menyewa tenda hajatan yang dilakukan sudah hampir sesuai dengan kesepakatan sewa menyewa atau ijarah namun ada beberapa pula yang tidak sesuai dengan rukun serta syarat dalam islam. Ada pun permasalahan skripsi ini 1) Bagaimana Mekanisme Terhadap Sewa Menyewa Tenda Hajatan Di Kecamatan Muaradua Kabupaten Ogan Kombering Ulu Selatan 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Mekanisme Sewa-Menyewa Tenda Hajatan Di Kecamatan Muaradua Kabupaten Ogan Kombering Ulu Selatan. Metode dalam penelitian ini menggunakan yaitu penelitian lapangan (field research), jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, kemudian data yang dikumpulkan dengan cara wawancra dan dokumentasi, teknis analisis data yang digunakan dekriptif analisis kualitatif kemudian disimpulkan secara induktif. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa dalam mekanisme sewa menyewa sudah sesuai dengan rukun serta syarat dalam ijarah atau sewa menyewa seperti adanya kesepakatan antar kedua belah pihak, adanya persetujuan tentang waktu dan tempat hajatan, pembayaran dapat dilakukan secara langsung atau dalam 2 kali pembayaran. Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap mekanisme sewa menyewa tenda hajatan dikecamatan muaradaua kabupaten ogan kombering ulu selatan belum sepenuhnya memenuhi dalam ketentuan akad sewa menyewa atau ijarah sesuai dengan Fatwa DSN No 09/ DSN-MUI/IV/2000 Tentang pembiayaan ijarah yaitu dalam proses pembayaran karena pihak penyewa tidak melakukan pembayaran sampai waktu yang terlah disepakatai yang mengakibatakan kerugian bagi pihak pemilik tenda. Kata Kunci : Mekanisme, Sewa-Menyewa (Ijarah), Hukum Ekonomi Syariah, Tenda Hajatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme, Sewa-Menyewa (Ijarah), Hukum Ekonomi Syariah, Tenda Hajatan.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: CINDI ANGGRAINI PUTRI 1930104110
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:25
Last Modified: 11 Sep 2023 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30557

Actions (login required)

View Item View Item