KOMUNIKASI KELOMPOK PENGGEMAR K-POP PADA MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Deskriptif Kualitatif Pada penggemar Red Velvet dan Penggemar Blackpink)

Yanti, Yul (2023) KOMUNIKASI KELOMPOK PENGGEMAR K-POP PADA MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Deskriptif Kualitatif Pada penggemar Red Velvet dan Penggemar Blackpink). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
YUL YANTI 1710701040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi kelompok pada media sosial, dengan fokus pada kelompok penggemar K-Pop Red Velvet dan Blackpink di Twitter. Penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi kelompok telah mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan analisis terhadap akun-akun yang berinteraksi serta pendekatan deskriptif untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan temuannya. Metode penelitian ini melibatkan observasi partisipan. Data dikumpulkan dari kelompok komunitas Red Velvet dan Blackpink politik yang terdiri dari 11 anggota aktif di Twitter. Berbagai aspek utama yang untuk di eksploitasi dalam penelitian ini berupa komunikasi kelompok seperti proses komunikasi, pembentukan komunikasi, dan faktor yang mempengaruhi kedua komunitas saling mendukung satu sama lain sehingga membuat keduanya memiliki perbedaan dari kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses komunikasi kelompok komunitas Red Velvet dan Blackpink di media sosial cenderung Dinamis. Hal ini ditemukan bahwa setiap anggota kelompok memiliki kecenderungan untuk mendukung komunitas lain berdasarkan faktor dan kesukaan mereka terhadap grup itu sendiri. Selain itu, anggota komunitas juga secara konsisten mengatasi perbedaan budaya agar tidak terjadinya hambatan serta membangun relasi pertemanan yang signifikan. sehingga membuat kedua komunitas ini memiliki perbedaan yang besar dibandingkan dengan komunitas lainnya. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dinamika komunikasi kelompok pada media sosial, khususnya dalam konteks komunikasi kelompok penggemar Kpop di Twitter. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam memahami bagaimana relasi dan informasi terbentuk, mengatasi opini publik, serta implementasi yang harus diterapkan oleh penggemar K-pop kedepannya. Kata Kunci : Komunikasi Kelompok, Twitter, Penggemar Kpop

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:41
Last Modified: 08 Sep 2023 07:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30558

Actions (login required)

View Item View Item