SEJARAH TURUNNYA AYAT-AYAT RIBA DAN IMPLIKASI TEOLOGIS SOSIOLOGIS (Studi Analisis Teks dan Konteks atas Ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah)

Rave Anjelena, Rave Anjelena (2023) SEJARAH TURUNNYA AYAT-AYAT RIBA DAN IMPLIKASI TEOLOGIS SOSIOLOGIS (Studi Analisis Teks dan Konteks atas Ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FULL BAB RAVE ANJELENA TERBARU NIANN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ix 2. Konsonan Rangkap Konsonan rangkap (tasydid) ditulis rangkap bila merupakan huruf asli. Demikian pula tasydid karena dimasuki kata sandang ال (alif lam). Contoh: لةمعم = mu’amalah Daruurah-ad = ا رورلض 3. Ta’ Maftuuhah (ت) dan Ta’ Marbuuthah (ة( 1. Ta’ Maftuuhah yang hidup atau mendapat harakat dhammah, fat`hah atau kasrah ditransliterasikan dengan “t”. Contoh: المال بيت (Baitulmaal) 2. Transliterasi terhadap kata yang berakhiran ta’ marbuuthah (ة (dilakukan dengan dua bentuk sesuai fungsinya sebagai shifah (modifier) atau ix idhaafah (genitive). Untuk kata yang berakhiran ta’ marbuuthah (S) yang berfungsi sebagai mudhaaf atau berfungsi sebagai mudhaaf ilaih, maka “ة ditransliterasilan dengan “h”. Sementara yang berfungsi sebagai mudhaaf, maka “ ة” ditransliterasikan dengan “t”. contoh: املدرسة = Madrasah املدرسةاالسالمية = al-Madrastu Islamiyah 4. Singkatan Yang Digunakan cet. = Cetakan H = Hijriah M = Masehi hlm. = Halaman HR. = Hadits Riwayat No. = Nomor Qs. = Al-Qur’an Surat Swt. = Subhanahu wa ta’ala Saw. = ShallAllah Swt.u ‘alaihi wa sallam t.tp. = Tanpa tempat terbit t.p. = Tanpa penerbit t.th. = Tanpa tahun terbit vol. = Volume / = Atau, menunjukkan perbedaa x ABSTRAK Peneliti mengambil tema “Sejarah Turunnya Ayat-Ayat Riba dan Implikasi Teologis Sosiologis (Studi Analisis Teks dan Konteks atas Ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah)”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan respon ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah atas larangan dan penggunaan riba di masa jahiliyah. Tujuan penelitian untuk mengetahui serta memahami bagaimana sejarah turunnya ayar-ayat riba secara makiyah dan madaniyah dan hubungannya dengan situasi ekonomi masyrakat arab. Serta implikasi teologis dan sosiologis. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif analisis dengan menggunakan metode tafsir tematik yang memanfaatkan data-data pustaka. Kesimpulan yang didapatkan Pertama, berdasarka sejarah turunnya ayat-ayat riba dilihat dari pembagian makkiyah dan madaniyah, makkiyah memberikan makna bahwa riba merupakan praktek ekonomi yang menindas masyarakat dan harus dihindari atau dihilangkan. Sedangkan ayat�ayat Madaniyah memberikan makna (solusi sosial) untuk orang-orang yang terjebak dalam praktek riba dengan ikut membangun praktek ekonomi tauhid yang berkeadilan dan berkesejahteraan. Kedua, implikasi teologisnya berupa gerakan moral “bahagia saat memberi” dengan membangun prinsip tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah. Serta implikasi sosiologisnya berupa tanggung jawab sosial “bahagia saat membantu” dengan membangun prinsip adil dalam kesejahteraan dan sejahtera dalam keadilan. Kata Kunci: teks, konteks, teologis dan sosiologis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: RAVE ANJELENA 1830304086
Date Deposited: 08 Sep 2023 09:11
Last Modified: 08 Sep 2023 09:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30560

Actions (login required)

View Item View Item