Konseling Individu Dengan Teknik Reframing Dalam Mereduksi Perilaku Agresif Pada Remaja ( Studi Kasus Pada Klien "D" Di Kelurahan Pahlawan Kota Palembang

Nopriyansah, Randi (2023) Konseling Individu Dengan Teknik Reframing Dalam Mereduksi Perilaku Agresif Pada Remaja ( Studi Kasus Pada Klien "D" Di Kelurahan Pahlawan Kota Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover Randi Nopriyansah.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Randi Nopriyansah.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Randi Nopriyansah.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB I Randi Nopriyansah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II Randi Nopriyansah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Randi Nopriyansah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Randi Nopriyansah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Randi Nopriyansah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku agresif yang dilakukan oleh remaja di Kelurahan Pahlawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku agresif klien “D” sebelum dilakukan konseling individu dengan teknik reframing, mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku agresif klien “D”, mengetahui bagaimana penerapan konseling individu dengan teknik reframing dalam mereduksi perilaku agresif klien “D”, mengetahui perilaku agresif klien “D” setelah dilakukan konseling individu dengan teknik reframing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu klien “D”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan perjodohan pola, pembuatan eksplanasi, dan analisis deret waktu. Adapun dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilakukan konseling individu masih berada dalam kategori tinggi, dimana dapat dilihat dari beberapa perilaku yang dilakukan oleh klien “D” adalah tidak bisa mengontrol emosi, mudah terpengaruh oleh lingkungan, suka menolak ketika disuruh, serta memiliki perasaan curiga dan dendam terhadap orang lain. serta dipengaruhi juga oleh faktor internal dan eksternal. Penerapan konseling individu dilakukan dalam enam kali pertemuan dimana setiap pertemuan menggunakan tiga tahapan yaitu tahap awal, tahap inti atau kerja dan tahap akhir. Gambaran perilaku agresif klien “D” setelah dilakukan konseling individu dengan teknik reframing yaitu sudah berkurangnya perilaku agresif yang dilakukan, klien “D” mampu lebih tenang dan sabar dalam menyikapi sesuatu, lebih bisa memilih mana yang baik atau buruk untuk dirinya, mulai bisa untuk tidak menolak ketika disuruh serta tidak lagi memiliki perasaan dendam dan curiga terhadap orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Teknik Reframing, Agresif
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: RANDI NOPRIYANSAH 1830502101
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:25
Last Modified: 11 Sep 2023 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30578

Actions (login required)

View Item View Item