ISOLASI DAN IDENTIFIKASI FUNGI ENDOFIT DARI TANAMAN SAMBUNG NYAWA (Gynura procumbens ) SERTA SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA

Ranti, Ranti (2023) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI FUNGI ENDOFIT DARI TANAMAN SAMBUNG NYAWA (Gynura procumbens ) SERTA SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
skripsi bab 1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi bab 5.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tanaman Sambung nyawa (Gynura procumbens(Lour.)Merr.) merupakan salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Beragam khasiat yang dimiliki oleh tanaman sambung nyawa membuat tanaman ini akan digunakan secara terus menerus dan mengalami kelangkaan tanaman. Alternatif lain yang digunakan yaitu dengan menggunakan fungi endofit yang diketahui sebagai sumber metabolit skunder berkhasiat obat namun beum banyak digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengdentifikasi genus fungi endofit pada tanaman sambung nyawa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu, pengambilan sampel, pembuatan media, isolasi fungi endofit, pemurnian fungi endofit, identifikasi fungi endofit secara makroskopis dan mikroskopis. Hasil dari penelitian ini terdapat 12 isolat fungi endofit yang teridentifikasi menjadi 10 genus yang berbeda, Nigrospora,Blastomyces, Fusarium, Pythium, Cladosporium, Trichoderma, Gliocladium, Papulaspora, Aspergillus, Monacrosporium.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: fungi endofit, sambung nyawa, (Gynura procumbens), isolasi, identifikasi.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: RANTI 1920207045
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:25
Last Modified: 11 Sep 2023 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30581

Actions (login required)

View Item View Item