TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENGGALANGAN DONASI MENYALURKAN MAKANAN (STUDI KASUS AYAM GEPREK NYONYA FLOWI PALEMBANG)

NURMI, TRI MURNIATI (2022) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENGGALANGAN DONASI MENYALURKAN MAKANAN (STUDI KASUS AYAM GEPREK NYONYA FLOWI PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
SKRIPSI TRI MURNIATI.docx
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hukum Ekonomi Syariah (muamalah) merupakan keseluruhan dari kaidah-kaidah dan putusan-putusan hukum yang secara khusus mengatur kegiatan-kegiatan dalam ekonomi, salah satu kegiatan ekonomi tersebut adalah Sedekah ( Donasi ). Dalam hal ini maka dibutuhkan suatu ketentuan hukum sesuai syariat yang sudah berlaku. Penelitian dengan judul “ Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Penggalangan Donasi Menyalurkan Makanan ( Studi Kedai Ayam Geprek Nyonya Flowi Palembang ) “. Memiliki rumusan masalah (1) Bagaimana pelaksanaan penggalangan donasi menyalurkan makanan di ayam geprek nyonya flowi Palembang. (2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penggalangan donasi menyalurkan makanan studi kasus ayam geprek nyonya flowi Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan penggalangan donasi menyalurkan makanan di ayam geprek nyonya flowi Palembang dan mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penggalangan donasi menyalurkan makanan di Ayam Geprek Nyonya Flowi Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilakukan atas sesuatu kejadian atau peristiwa yang menggunakan kenyataan. Penelitian ini menggunakan sumber primer dan sekunder dengan sumber datanya diambil dari wawancara dan dokumentasi lokasi penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa : (1) pelaksanaan penggalangan donasi menyalurkan makanan di Ayam Geprek Nyonya Flowi Palembang itu merupakan suatu bentuk pelaksanaan pemberian bersistem open donasi sebagai bentuk berbagi kepada sesama dengan inovasi terbaru yang disalurkan dalam bentuk makanan Ayam Geprek Nyonya Flowi itu sendiri serta nantinya ditujukan kebeberapa masjid, panti asuhan, dijalanan dan di orang-orang yang membutuhkan setiap hari jum’atnya dengan konsep sedekah bersistem perwakilan. (2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Penggalangan Donasi Penyalurkan Makanan Studi Kedai Ayam Geprek Nyonya Flowi Palembang dilakukan dengan konsep donasi terbuka secara online dengan konsep sedekah yang diwakilkan secara lasung kepada owner sekaligus penjual Ayam Geprek Nyonya Flowi untuk menyalurkannya yang didalam Hukum Ekonomi Syariah dikenal dengan akad Wakalah. Kata Kunci : Penggalangan Donasi, Wakalah, Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: TRI MURNIATI NURMI 1720104105
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:25
Last Modified: 11 Sep 2023 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30586

Actions (login required)

View Item View Item