Tinjauan Hukum Ekonomi Syriah Terhadap Pembagian Hasil Penjualan Kelapa Sawit Kelompok Sistem Bermitra (Studi Di Desa Kerta Mukti Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir)

Adi, Tiansa (2022) Tinjauan Hukum Ekonomi Syriah Terhadap Pembagian Hasil Penjualan Kelapa Sawit Kelompok Sistem Bermitra (Studi Di Desa Kerta Mukti Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Adi Tiansa Fix CetaK Buku.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syirkah merupakan salah satu kegiatan muamalah yang diperbolehkan dalam Islam selama tidak ada pihak yang dirugikan. Karena dalam kerjasama tersebut terdapat bagi hasil antar pihak yang melangsungkan kerjasama tersebut.. Dalam skripsi yang berjudul “Tinjauan Hukum Ekonomi Syriah Terhadap Pembagian Hasil Penjualan Kelapa Sawit Kelompok Sistem Bermitra Studi di Desa Kerta Mukti Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan, dnegan jenis data kualitatif data yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata, kalimat, narasi atau gambar dan bukan angka. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penulis bahwa kerjasama dan bagi hasil yang terjadi di kelompok tani kelapa sawit di Desa Kerta Mukti Kecamatan Mesuji Raya dalam kerjasama pelaksanaa bagi hasil penjualan kelapa sawit kelompok dengan sistem bermitra telah sesuai dengan prinsip Hukum Ekonomi Syariah yang telah memenuhi rukun dan syarat yang telah disebutkan sebelumnya maka praktik bagi hasil demikian sudah sah dan sesuai syariah. Tetapi, dalam pelaksanaa bagi hasil penjualan kelapa sawit kelompok dengan sistem bermitra di Desa Kerta Mukti Kecamatan Mesuji Raya belum sesuai dengan asas-asas Hukum Ekonomi Syariah karena para anggota belum merasakan keadilan dan kerelaan dimana keadilan dan kerelaan tersebut terdapat dalam asas Hukum Ekonomi Syariah. Kata Kunci: Hukum Ekonomi Syariah, Bagi Hasil, Kerjasama Syirkah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: ADI TIANSA 1820104071
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:20
Last Modified: 12 Sep 2023 08:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30612

Actions (login required)

View Item View Item