Teknik Lobi Petani Tembakau Kepada Pemerintah Daerah Dalam Mengolah Hasil Tanam dan Olahan (Studi Di Kecamatan Merapi Selatan)

PUTRI, SEFTIA MANDALA (2023) Teknik Lobi Petani Tembakau Kepada Pemerintah Daerah Dalam Mengolah Hasil Tanam dan Olahan (Studi Di Kecamatan Merapi Selatan). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SEFTIA MANDALA PUTRI 1920701027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Teknik lobi merupakan strategi komunikasi yang penting dalam mengadvokasi kepentingan petani kepada pihak berwenang guna memperoleh dukungan dan perhatian terhadap hasil olahan tembakau. Kecamatan Merapi Selatan memiliki kualitas tembakau yang tinggi akan tetapi kurangnya wadah untuk pemasaran dan mengolah tembakau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses teknik lobi dan hambatan teknik lobi petani tembakau kepada pemerintah daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi dengan pihak petani tembakau, perwakilan pemerintah yang terkait. Hasil penelitian setelah proses pengolahan data dengan menggunakan teori teknik lobi, diperoleh bahwa petani melakukan teknik lobi dengan membentuk perwakilan kelompok tani, pendekatan secara personal kepada pemerintah daerah, kerja sama antara petani tembakau, Bupati, Dinas Perkebunan dan Kecamatan Merapi Selatan. Lobi yang dilakukan oleh perwakilan petani berhasil dikarenakan mendapat bantuan langsung berupa bibit, pupuk, alat pasca panen serta channel pemasaran. Keterbatasan waktu, informasi, dana menjadi penghambat dalam melakukan lobi terhadap pemerintah daerah. Kata Kunci : Lobi, Pemerintah, Petani, Tembakau

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:20
Last Modified: 12 Sep 2023 08:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30620

Actions (login required)

View Item View Item