Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Mekanisme Bagi Hasil Pada Koperasi Unit Desa (Studi Kasus Di Desa Sembadak Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir)

Anekari, Aneka (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Mekanisme Bagi Hasil Pada Koperasi Unit Desa (Studi Kasus Di Desa Sembadak Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Slideshow (Skripsi)
Skripsi AnekaRia-1 fixx bgt(1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mekanisme Bagi Hasil Pada Koperasi Unit Desa di Desa Sembadak Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir tidak sesuai dengan apa yang menjadi pedoman Koperasi Unit Desa dalam pembagian hasil usaha, tidak dari semua pegawai mendapatkan bagi hasil dari sisa hasil usaha karena koperasi unit desa menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan bagi hasil usaha ini. Adapun yang menjadi syarat koperasi unit desa dalam sistem pembagian hasil usaha di koperasi unit desa adalah hanya berpatokan pada akad pinjaman. Jadi bagi pegawai yang hanya melakukan simpanan dan tidak melakukan pinjaman tidak berhak untuk mendapatkan bagi hasil dari sisa hasil usaha meskipun pengawai tersebut sudah memberikan modal. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana Mekanisme Bagi Hasil Pada Koperasi Unit Desa Di Desa Sembadak Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Bagaimana Mekanisme Bagi Hasil Pada Koperasi Unit Desa Di Desa Sembadak Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir Ditinjau Dari Hukum Ekonomi Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan sumber data primer dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Mekanisme Bagi Hasil Pada Koperasi Unit Desa di Desa Sembadak Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir ini menggunakan akad syirkah al-inan, dimana syarat rukunya harus dipenuhi sesuai dengan syariat Islam. Jika salah satu syarat tidak terpenuhi maka syarat tersebut menjadi batal tetapi akadnya tetap sah. Kata Kunci : Bagi Hasil, Koperasi Unit Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: ANEKA RIA 1830104175
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:21
Last Modified: 12 Sep 2023 08:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30661

Actions (login required)

View Item View Item