ANALISIS ROASTING DALAM PERSPEKTIF DEMOKRASI (Studi Roasting-an Kiky Saputri Terhadap Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno di Kanal YouTube Indosiar)

Damuya, Muhamad Yusup Rezeki (2023) ANALISIS ROASTING DALAM PERSPEKTIF DEMOKRASI (Studi Roasting-an Kiky Saputri Terhadap Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno di Kanal YouTube Indosiar). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
M YUSUP REZEKI DAMUYA 1930702046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan terhadap kebebasan berpendapat dan berekspresi membantu memastikan bahwa warga negara dapat memberikan pengawasan, kritik, dan gagasan kepada pemerintah, yang merupakan hal yang penting dalam sebuah republik demokratis. Penyampaian kritik/pendapat dapat disampaikan dalam bentuk humor/komedi yang merupakan salah satu bentuk seni dan hiburan diseluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah dan bagaimana fenomena komedi yang dipanggang dapat diakses di media sosial di Indonesia dari sudut pandang demokrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif analitik dengan sumber dan data berupa data premier yaitu cuplikan video roastingan Kiky Saputri terhadap Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno dalam acara HUT Indosiar. Cuplikan video tersebut peneliti peroleh dari kanal youtube Indosiar. Sedangkan data sekunder terdiri dari artikel jurnal ilmiah dan konten online yang dapat melengkapi karya peneliti pemanggangan Kiky Saputri, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno. Data fisik didokumentasikan menggunakan metode pengumpulan data penelitian ini, sedangkan file digital termasuk data yang diperoleh dari internet dikumpulkan dan disimpan secara digital. Dari penelitian ditemukan bahwa Pertama, kebebasan berekspresi menjadi dasar dari adanya demokrasi. Kedua, kebebasan berekspresi berperan dalam pemberantasan korupsi. Ketiga, kebebasan berekspresi mempromosikan akuntabilitas. Keempat, kebebasan berekspresi dalam masyarakat dipercaya merupakan cara terbaik menemukan kebenaran. Kata Kunci: Roasting, Demokrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:25
Last Modified: 13 Sep 2023 07:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30720

Actions (login required)

View Item View Item