PANDANGAN PENGHULU KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN ILIR BARAT KOTA PALEMBANG TERHADAP MAKNA PROSESI JABAT TANGAN DALAM AKAD NIKAH

restu putri aprilia, restu (2021) PANDANGAN PENGHULU KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN ILIR BARAT KOTA PALEMBANG TERHADAP MAKNA PROSESI JABAT TANGAN DALAM AKAD NIKAH. Undergraduate Thesis thesis, uin raden fatah palembang.

[img]
Preview
Text
skripsi revisi terbaru restu putri aprilia 2-converted.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul Pandangan Penghulu Kantor Urusan Agama Ilir Barat I Kota Palembang Terhadap Makna Prosesi Jabat Tangan Dalam Akad Nikah, membahas tentang makna prosesi jabat tangan dalam akad nikah. Dilatarbelakangi oleh kepercayaan masyarakat dan pola pikir masyarakat terhadap jabat tangan dalam akad nikah, bahkan ada yang mewajibkan jabat tangan saat akad nikah, ada pula yang mensunnah jabat tangan dalam akad nikah. Karena jabat tangan saat akad nikah hanya sebuah tradisi masyarakat, Tujuan penelitian ini ialah:i1. Untuk menjelaskanipandangan penghulu KUA Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembangimengenai makna jabat tangan dalam prosesi akad nikah.i2. Untuk menjelaskani pandangan penghulu KUA Kecamatan Ilir Barat I tentang hukum berjabat tanganiantara waliidan calon imempelai laki-laki idalam iakad nikah. Penelitian ini adalah penelitian lapangani (field research). Populasi penelitian ini ialah selurh penghulu KUA Kecamatan Ilir barat I Kota Palembang yang berjumlah empat orang. Oleh karena jumlah populasi penelitian relatife sedikit, maka tidak dilakukan pengambilan sempel, tapi seluruh populasi dijadikan responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua cara, yaitu: Wawancara, Wawancara dilakukan dengan pihak penghulu KUA Kecamatan Ilir Barat Kota Palembang sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Observasi, Data peneliti langsung menjelaskan prosesi akad nikah pernikahan, baik yang dilakukan di KUA Ilir Barat I Kota Palembang, maupun di rumah mempelai. Setelah data terkumpul dan dilakukan pengolaan data, penulis melakukan analisis data secara deskriptif kualitatif. Dari pembahasan, dapat disimpulkan bahwa adanya jabat tangan dalam akad nikah merupakan sebuah tradisi yang berlangsung turun temurun karena adanya nilai dan manfaat yang terkandung didalamnya sangatlah besar jika dilakukan. Berjabat tangan sangat penting bagi wali mempelai laki-laki dengan calon mempelai laki-laki yang melaksanakan prosesi ijab qobul, hal ini memberiikan dukungan, keberanian, dan keyakinan untuk mecapai kesempurnaan akad nikah serta jabat tangan diyakini wajib dilaksanakan oleh peserta nikah yaitu wali nikah dan calon mempelai laki-laki karena jabat tangan sudah dilakukan secara turun-temurun.Berjabat tangan tidak termasuk kedalam rukun dan syarat nikah, tetapi berjabat tangan termasuk sunnah Rasul yang boleh dan hukumnya mubah, dalam pernikahan. Kata Kunci: Kantor Urusan Agama, Berjabat Tangan, Prosesi Akad Nikah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: RESTU PUTRI APRILIA
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:52
Last Modified: 15 Sep 2023 03:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30727

Actions (login required)

View Item View Item