PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP POLITIK UANG PADA PEMILU TAHUN 2019 (Studi Pemilihan Serentak Tahun 2019 di Kab. Penukal Abab Lematang Ilir)

Aprianto, Lois (2022) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP POLITIK UANG PADA PEMILU TAHUN 2019 (Studi Pemilihan Serentak Tahun 2019 di Kab. Penukal Abab Lematang Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III GAMBARAN UMUM OBJEK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Kajian Politik Islam Prodi Politik Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang Skripsi, 2022 Lois Aprianto, Persepsi Masyarakat Terhadap Politik Uang Pada Pemilu Tahun 2019 (Studi Kasus Pemilihan Serentak Tahun 2019 Di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir) 59 Halaman + Lampiran Penelitian ini berjudul Persepsi Masyarakat Terhadap Politik Uang Pada Pemilu Tahun 2019 (Studi Kasus Pemilihan Serentak Tahun 2019 Di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir). Politik uang yaitu politik dengan pemberian sesuatu kepada pemilih dengan tujuan untuk menyuap agar memilih calon tertentu pada saat pemilihan. Melalui politik uang dukungan politik diberikan atas pertimbangan uang dan sumber daya ekonomi lainnya yang di terima oleh aktor politik tertentu. Penelitian ini menggunakan metode peneltian kualitatif dan data primer dalam penelitian ini ialah berasal dari responden/informan yang diteliti dengan melakukan observasi dan wawancara langsung, sedangkan data sekundernya ialah buku-buku, jurnal-jurnal, dokumentasi, literature yang berkaitan dengan permasalahan yang diteiti, dan informasi yang di dpat dari masyarakat yang terkait dalam permasalahan penelitian. Teknik penelitian pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan verifikasi. Hasil penelitian skripsi ini menunjukan bahwa masih banyak masyarakat di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yang mendukung adanya politik uang di karenakan masalah keterbatasan ekonomi dan kurang keingintahuan tentang dampak dari terjadinya politik uang. Adapun yang menyebabkan faktor terjadinya politik uang di tengah masyarakat kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir selain keterbatasan ekonomi dan kurangnya pendidikan tentang politik uang yaitu faktor kebudayaan ataupun tradisi. Politik uang yang terjadi di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir sudah menjadi kebudayaan yang susah untuk di hilangkan, karena masyarakat di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir sudah tidak asing dengan adanya politik uang dan menganggap politik uang ini sebagai mata pencaharian tambahan. Karena di setiap menjelang pemilihn umum biasanya para calon kontestan pemilu melakukan praktek politik uang dengan melalui kampanye hitam, serangan fajar dan memberikan janji ketika para calon kontestan pemilu yang terpilih. Kata Kunci : Politik Uang, Masyarakat, Pemilu

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Politik Uang, Masyarakat, Pemilu
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Adab dan Humaniora > Politik Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: LOIS APRIANTO 1830404063
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:53
Last Modified: 15 Sep 2023 03:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30739

Actions (login required)

View Item View Item