STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MARFU'AH PALEMBANG

MAILANI, vina (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MARFU'AH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1-5 VINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Strategi Kepala Madrasah dalam Melaksankan Supervisi Akademik di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang”. Adapun kegunaan dan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana strategi kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang dan untuk menganalisis apakah faktor pendukung dan penghambat strategi kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan informan penelitian yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Kepala Tata Usaha dan Guru. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa strategi kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang sudah berjalan dan dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa langkah strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik, yaitu dengan mengembangkan kerja sama, melaksanakan pemantauan prasupervisi, melaksanakan pendampingan dalam proses pembelajaran, memonitoring kemajuan peserta didik, mengukur kinerja dan memecahkan masalah, serta membantu tenaga pendidik dalam memperbaiki mutu pendidikan. Adapun faktor pendukung strategi kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang yaitu kedisiplinan guru dan adanya hubungan dan komunikasi yang baik, sedangkan faktor penghambat strategi kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang yaitu keterbatasan waktu yang digunakan untuk supervisi dan kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana. Kata Kunci: Strategi Supervisi, Kepala Madrasah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: strategi supervisi, kepala madrasah
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: VINA MAILANI 1930203120
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:57
Last Modified: 18 Sep 2023 04:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30793

Actions (login required)

View Item View Item