Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah "Gulo Puan" di Media Belanja Online

Andia, Andia (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah "Gulo Puan" di Media Belanja Online. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI ANDIA 1920501025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Pemasaran produk secara online menggunakan Instagram dan Shopee sebagai media atau sarana promosi produk. Usaha kecil menengah gulo puan menjual produk pangan tradisional di Desa Rambutan yang berbahan dasar susu kerbau rawa dan gula pasir yang disebut dengan Gulo Puan. Usaha ini didirikan pada tanggal 15 juni 2020 oleh seorang ibu rumah tangga yang bernama Dwi Pratiwi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan pemilik usaha kecil menengah gulo puan yang memasarkan produknya melalui media online instagram dan shopee sehingga produk tersebut dapat dikenali oleh banyak konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu Dwi Pratiwi yang merupakan pemilik usaha kecil menengah gulo puan, Ibu Dawisa yang merupakan pembuat gulo puan, dan Muhajirin yaitu peternak kerbau rawa di desa rambutan. Sumber data sekunder di dapat melalui dokumen penjualan produk gulo puan di media online instagram dan shopee milik usaha kecil dan menengah gulo puan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan pemilik usaha kecil menengah gulo puan di media belanja online dilakukan dengan menggunakan teori bauran pemasaran (marketing mix). Peneliti menyimpulkan bahwa strategi yang digunakan oleh pemilik usaha kecil dan menengah gulo puan di media online adalah dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran, dimana memanfaatkan media sosial instagram dan marketplace shopee sebagai media untuk memasarkan produk gulo puan. sejalan dengan itu, penggunaan komunikasi pemasaran sebagai strategi dalam memasarkan produk gulo puan, peneliti mengkaitkan dengan teori bauran pemasaran (marketing mix), dengan menggunakan 4P, yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Gulo Puan, Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Gulo Puan, Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ANDIA 1920501025
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:43
Last Modified: 20 Sep 2023 01:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30837

Actions (login required)

View Item View Item