Pertanggung Jawaban Pidana Bagi Pemilik Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Yang Memalsukan Label Halal Pada Produk Makanan

Farhan Pangestu, Adjie (2023) Pertanggung Jawaban Pidana Bagi Pemilik Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Yang Memalsukan Label Halal Pada Produk Makanan. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL BAB Adjie FP.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Pertanggung Jawaban Pidana Bagi Pemilik Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Yang Memalsukan Label Halal Pada Produk Makanan Yang Tidak Tersertifikasi Halal Dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), dengan latar belakang permasalahan skripsi ini adalah adanya produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mencantumkan label halal tetapi belum mendapatkan sertifikat halal. Padahal prosedur yang berlaku dalam pemberian izin label halal ini adalah berdasarkan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pertanggungjawaban pidana bagi pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memalsukan label halal pada Produk Makanan ?,dan 2) Bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memalsukan label halal pada Produk Makanan ?. Metode Penelitian dalam skripsi ini merupakan metode penelitian Yuridis Normatif, Jenis Data yang digunakan ialah data Kualitatif, Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari tiga bagian yaitu, bahan hukum primer , bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Bahan hukum primer berupa Al-Qur’an dan Hadis, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis, dan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek. Bahan hukum sekunder berupa hasil penelitian-penelitian hukum dan hasil karya dari para ahli, seperti Jurnal, Skripsi, Tesis, Disertasi dan buku-buku. Bahan hukum tersier berupa kamus umum bahasa Indonesia, kamus hukum, dan Ensiklopedia Hukum maupun Ensiklopedia Hukum Indonesia. Teknik pengumpulan data melalui teknik analisis data Deskriptif Kualitatif, kemudian berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan, kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Pertanggungjawaban Pidana bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memalsukan label halal pada Produk Makanan dikenakan Sanksi Penjara paling lama 5 (Lima) Tahun, dan denda paling banyak sebesar Rp. 1.000.000.000,00 (satu milliar rupiah). 2). Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memalsukan label halal pada Produk Makanan dalam Hukum Pidana Islam itu termasuk kedalam kategori Jarimah Ta’zir yang hukumannya diserahkan kepada Hakim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban Pidana, UMKM, Jaminan Produk Halal
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Ensiklopedia Umum
Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: ADJIE FARHAN PANGESTU 1830103162
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:43
Last Modified: 20 Sep 2023 01:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30864

Actions (login required)

View Item View Item