PERAN PENGEMBANGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI DIKLAT MARKETING PADA ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Tina, Was (2023) PERAN PENGEMBANGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI DIKLAT MARKETING PADA ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI_Wastina__Jilid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Koperasi Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang merupakan salah satu UKM yang ada di UIN Raden Fatah Palembang yang berbasis organisasi dan kewirausahaan. Program-program kegiatan koperasi mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan jiwa kewirausaahaan pada anggota khususnya kegiatan diklat marketing. Namun pada pelaksanaannya tidak sedikit pula permasalahan yang dihadapi. Untuk itu, pembahasan yang penulis bahas dalam skripsi ini adalah peran pengembangan jiwa kewirausahaan malalui diklat marketing pada anggota koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang dalam perspektif ekonomi syariah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran program diklat marketing dalam pemgembangan jiwa kewirausahaan pada anggota koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang dalam perspektif ekonomi syariah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan utama menganalisis secara terperinci dan mendalam mengenai peran program diklat marketing dalam pengembangan jiwa kewirausahaan pada anggota koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode wawancara dan observasi serta di analisis mengunakan metode deskriptif analisis. Penulis mengambil data responden dengan mengunakan teknik sampel non random sampling dengan jumlah responden sebanyak 10 orang yang terdiri dari 4 orang pengurus dan 6 orang anggota. Teknik yang digunakan dalam analis data adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan pengurus koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah dalam pengembangan jiwa kewirausahaan melalui diklat marketing, sangat berperan penting karena program ini tidak hanya teori yang digunakan, akan tetapi juga langsung mempraktekkan cara menjadi wirausaha yang islami. Upaya pengembangan upaya dilakukan melalui pendidikan, pelatihan serta pembinaan yang diadakan oleh pengurus diantaranya pendidikan Perkoperasian (DIKSARKOP, DIKMENKOP, dan DIKJUTKOP), Forum Enterpreneur Muslim (FEM), Kajian Enterpreneur Muslim (KEM), Kegiatan Magang, Diklat Marketing serta Seminar-seminar kewirausahaan, Sudah sesuai dengan kajian ekonomi islam. Kata Kunci : Pengembangan, Jiwa Kewirausahaan, Diklat Marketing

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan, Jiwa Kewirausahaan, Diklat Marketing
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: WASTINA 1910602031
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:48
Last Modified: 21 Sep 2023 01:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30888

Actions (login required)

View Item View Item