Upaya Wanita Single Parent Dalam Pemenuhan Hak Anak Berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak (Studi Kasus Di Kelurahan Bandar Agung Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan)

Irsan, Rahmat (2023) Upaya Wanita Single Parent Dalam Pemenuhan Hak Anak Berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak (Studi Kasus Di Kelurahan Bandar Agung Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover bae.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB I FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Menjadi wanita single parent didalam rumah tangga tentu bukan suatu hal yang mudah, terlebih bagi seorang wanita yang dahulu menggantungkan hidupnya kepada suaminya, sehingga dalam perwujudnya terkadang anak menjadi korban tidak mendapatkan haknya sesuai yang tercantum dalam UU No. 35 Tahun 2014 Tentang perlindungan anak. Padahal telah diatur secara eksplisit mengenai hak�hak anak dalam undang-undang tersebut. Baik itu berupa hak pendidikannya, hak nafkahnya, hak kasih sayangnya ataupun unsur-unsur hak anak lain. Tetapi pada kenyataannya masih saja belum maksimal. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan (field research), dengan mengunakan metode purposive sampling dalam menentukan subjek penelitian, Sedangkan sumber data didapat dari tiga sumber yaitu data primer adalah hasil wawancara dengan informan yang terpilih, data sekunder adalah buku, jurnal dan penelitian terkait dan data tersier adalah kamus indeks glosarium. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Kemuadian data selanjutnya di analisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pada hasil penelitian ini, upaya wanita single parent dalam pemenuhan hak anak berdasarkan undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak di kelurahan bandar agung selama ini belum mampu untuk melaksanakan ketentuan perlindungan hak-hak anak, disebabkan beberapa faktor yang menjadi kendala, antara lain keterbatasan ekonomi, kelalaian orang tua. Pemahaman masyarakat dalam melaksanakan kewajiban sebagai orang tua terutama pelaku perceraian sangat minim terbukti dengan pengetahuan hak anak yang hanya sebatas tentang biaya hidup saja. Sehingga hak-hak anak yang lain tidak terpenuhi. Kata kunci : Single Parent, Hak Anak, Perlindungan Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Single Parent, Hak Anak, Perlindungan Anak
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: RAHMAT IRSAN 1920101027
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:48
Last Modified: 21 Sep 2023 01:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30891

Actions (login required)

View Item View Item