Korelasi Gaya Mengajar Guru dengan Minat Belajar Diswa Kelas III pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 117 Palembang

Khoirunnissa, Ayu (2023) Korelasi Gaya Mengajar Guru dengan Minat Belajar Diswa Kelas III pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 117 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.docx
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB 5.docx
Restricted to Registered users only

Download (17kB)

Abstract

Gaya mengajar guru merupakan perbuatan guru dalam konteks belajar mengajar yang bertujuan mengatasi kebosanan siswa. Karna tinggi rendahnya minat belajar siswa tergantung gaya mengajar guru. Jadi guru berperan penting dalam proses belajar mengajar dan minat belajar itu juga tidak datang dengan sendirinya, melainkan adanya motivasi yang diberikan dari seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi gaya mengajar guru dengan minat belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III A di SD Negeri 117 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian gaya mengajar guru sudah dikategorikan baik, dari jumlah 20 item pernyataan angket yang disebarkan kepada 38 siswa kelas III memperoleh skor rata-rata 65, skor tertinggi 76 dan skor terendahnya adalah 55. Minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III masuk dalam kategori tinggi dari jumlah 20 item pernyataan angket yag disebarkan kepada 38 siswa kelas III memproleh rata-rata 69, skor tertinggi 77 dan skor terendahnya 60. Jadi terdapat korelasi gaya mengajar guru dengan minat belajar siswa kelas III pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang di buktikan dengan data hasil penelitian bahwa rhitung yaitu 0,880 > 0,320 dengan taraf signifikan 5% dan jumlah N = 38. Oleh karena itu, korelasi gaya mengajar guru dengan minat belajar siswa kelas III pada pembelajaran Bahasa Indonesia termasuk dalam kategori sangat kuat dan bernilai positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar Guru, Minat Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AYU KHOIRUNNISSA 1930201174
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:54
Last Modified: 25 Sep 2023 04:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30984

Actions (login required)

View Item View Item