Analisis Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dalam Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021 Tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja Dan Waktu Istirahat, Dan Pemutusan Hubungan Kerja Menurut Hukum Kontrak Dan Hukum Perikatan Islam

Nugraha, Ryan (2023) Analisis Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dalam Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021 Tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja Dan Waktu Istirahat, Dan Pemutusan Hubungan Kerja Menurut Hukum Kontrak Dan Hukum Perikatan Islam. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Full Bab A5F-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sejak adanya pandemi dan resesi global menyebabkan penurunan ekonomi dalam skala global termasuk Indonesia juga terkena dampaknya, sehingga pemerintah mengeluarkan regulasi baru UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja demi meningkatkan ekonomi Indonesia untuk menarik minat investor sehingga membuka lapangan pekerjaan baru. Namun Regulasi yang dibuat pemerintah dinilai hanya menguntungkan pengusaha dan merugikan pekerja serta pembentukannya yang tidak transparan yang menimbulkan masalah baru sehingga menyebabkan ketidakpastian hukum bagi pekerja terkhusus pekerja PKWT yang memiliki posisi yang lebih rentan. Pokok dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji regulasi tentang PKWT pasca cipta kerja dalam turunannya PP No. 35 Tahun 2021 serta persamaan dan perbedaannya menurut hukum kontrak dan hukum perikatan islam. Penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif dengan spesifikasi deskriptif analitis. Pendekatan yang digunakan adalah doctrinal. Kesimpulan dari kajian ini adalah regulasi yang dibawa cipta kerja beserta turunannya dalam PP No. 35 Tahun 2021 ini banyak membawa masalah dan kerugian dipihak pekerja, mulai dari isinya yang tidak memihak pekerja serta cacat formil yang menyebabkan ketidakpastian hukum sehingga tidak memenuhi beberapa asasasas hukum kontrak dan hukum perikatan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: RYAN NUGRAHA 1910102008
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:35
Last Modified: 17 Oct 2023 06:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31003

Actions (login required)

View Item View Item