Konsep Islamic Prophetic Parenting Dalam Menanamkan Nilai Agama Moral Anak Usia Dini Pada Generasi Alpha (Studi Kasus di RA Plus Fatahul Wardah Palembang)

Maratus, Sholekhah (2023) Konsep Islamic Prophetic Parenting Dalam Menanamkan Nilai Agama Moral Anak Usia Dini Pada Generasi Alpha (Studi Kasus di RA Plus Fatahul Wardah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak .pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
BAB 1-5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penanaman nilai agama moral pada anak usia dini, dapat berkembang dengan optimal apabila orangtua selektif dalam menentukan cara yang tepat dalam proses mendidik anak, salah satunya yakni dengan melalui penerapan konsep islamic prophetic parenting yang disesuaikan dengan generasi anak sekarang, atau biasa disebut dengan generasi alpha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa konsep pemahaman islamic prophetic parenting beserta cara orangtua dan guru berdasarkan faktor yang mempengaruhi penanaman nilai agama moral pada anak usia dini di RA Plus Fatahul Wardah Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah Miles Huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan analisis data, maka diperoleh hasil bahwa pemahaman konsep islamic prophetic parenting bagi orangtua dan pendidik sudah terealisasikan dengan baik dalam penanaman nilai agama moral pada anak generasi alpha. karena konsep prophetic parenting ini memiliki kontribusi besar bagi proses penanaman nilai-nilai moral pada anak disekolah. Jadi dari penerapan para orang tua maupun pendidik ada sebagian yang telah menghasilkan dampak yang baik bagi anak. Memahami konsep parenting ini, sangatlah bervariasi dalam pengimplementasiannya, disesuaikan pada aspek kehidupan anak dan juga dari pola asuh dari orang tuanya, akan tetapi senantiasa mengacu pada pendidikan dan pengasuhan ala Rasullullah SAW agar selalu terarah pada moralitas anak usia dini sesuai zamannya, yaitu generasi alpha. Guna memperbaiki kesalahan dan kekurangan pada aktifitas pembiasaan moral anak yang sudah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Islamic Prophetic Parenting, Nilai Agama Moral, Anak Usia Dini, Generasi Alpha
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MARATUS SHOLEKHAH 1930210114
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:47
Last Modified: 26 Sep 2023 08:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31014

Actions (login required)

View Item View Item