TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PUTUSAN HAKIM PENGADILAN NEGERI TANJUNG KARANG (No. 732/Pid.B/2019/PNTjk) DALAM KASUS PENCABULAN DOSEN TERHADAP MAHASISWI

PUTRI, SINAM BELA MARETA (2023) TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PUTUSAN HAKIM PENGADILAN NEGERI TANJUNG KARANG (No. 732/Pid.B/2019/PNTjk) DALAM KASUS PENCABULAN DOSEN TERHADAP MAHASISWI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover sinam 2.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SINAM 2.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text
BAB I SINAM 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB II SINAM 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III SINAM 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV SINAM 2.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB IV SINAM 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SINAM 2.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dibuat untuk menjawab pertanyaan sebagaimana rumusan masalah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengembangan pengetahuan mengenai ilmu hukum, khususnya hukum pidana dan hukum pidana islam terutama yang berkaitan dengan pencabulan. Tindak pidana pencabulan yakni tindakan yang diperbuat oleh seseorang dengan dorongan seksual yang berkeinginan melakukan hal yang membangkitkan gairah hawa nafsu birahi. Pada pasal 289 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Kasus Pencabulan yang akan menjadi bahasan dalam karya ilmiah ini adalah kasus pencabulan yang terjadi di daerah Sukarame Bandar Lampung di salah satu kampus yakni UIN Raden Intan Lampung dengan nomor putusan 732/Pid.B/2019/PNTjk dengan pertimbangan dari beberapa aspek yang bersifat yuridis, filosofis dan sosiologis agar putusan dapat dipertanggungjawabkan dan memberikan keadilan yang berorientasi pada keadilan hukum, keadilan moral dan keadilan masyarakat. Hasil penelitian skripsi ini yang pertama adalah Dalam putusan pengadilan Negeri Tanjung Karang Nomor 732/Pid.B/2019/PN Tjk. Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terdakwa Drs. Syaiful Hamali, M.Kom.I dengan pidana penjara selama 1 (Satu) tahun. Putusan ini dalam menjatuhkan hukuman terlalu ringan dan kurang sesuai dengan tindak pidana yang dilakukan, hukuman yang diberikan oleh hakim merujuk pada pasal 290 ke 1 KUHP. Dengan hukuman penjara selama-lamanya 7 (tujuh) tahun namun hanya dikenai hukuman 1 tahun penjara atas perbuatan yang telah dilakukan. Dalam Hukum Islam tindak pidana pencabulan merupakan jarimah ta‟zir, karena dalam hal ini jarimah pencabulan tidak diatur di dalam al-Quran dan al-Hadis sebagaimana jarimah had. Dalam hal ini jarimah pencabulan merupakan jarimah ta‟zir yang berkaitan dengan kejahatan terhadap kehormatan dan kerusakan akhlak. Mengenai tindak pidana ini hukum Islam tidak mengaturnya secara spesifik, tindak pidana pencabulan dianalogikan dengan perbuatan yang mendekati zina. Kata kunci: Tinjauan Hukum, Pencabulan, Dosen Terhadap Mahasiswi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: sinam bela mareta putri
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:35
Last Modified: 27 Sep 2023 02:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31036

Actions (login required)

View Item View Item