MANFAAT KEBERADAAN PENJUALAN PAKAIAN PRELOVED PERSEKTIF PRINSIP EKONOMI KUALITAS KEHIDUPAN FILSAFAT LINGKUNGAN HENRYK SKOLIMOWSKI

Yohani, Yohani (2022) MANFAAT KEBERADAAN PENJUALAN PAKAIAN PRELOVED PERSEKTIF PRINSIP EKONOMI KUALITAS KEHIDUPAN FILSAFAT LINGKUNGAN HENRYK SKOLIMOWSKI. MANFAAT KEBERADAAN PENJUALAN PAKAIAN PRELOVED PERSEKTIF PRINSIP EKONOMI KUALITAS KEHIDUPAN FILSAFAT LINGKUNGAN HENRYK SKOLIMOWSKI. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Yohani (1810302012) Jurnal.pdf

Download (576kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ingin mengetahui fenomena penjualan pakaian preloved dalam analisis filsafat lingkungan Henryk Skolimowski tentang prinsip ekonomi kualitas kehidupan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama, bagaimana prinsip ekonomi kualitas kehidupan menurutpemikiran Skolimowski. Kedua, apa yang dimaksud dengan pakaian preloved. Ketiga, bagaimana analisis prinsip ekonomi kualitas kehidupan menurut pemikiran Skolimowski pada manfaat keberadaan penjualan pakaian preloved. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), sifat datanya kualitatif yaitu penjualan pakaian preloved. Sumber data yang digunakan peneliti adalah fenomena penjualan pakaian preloved yang diperoleh melalui literatur bacaan dari media massa online seperti bisnis Indonesia, kompas, tribun sumsel dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan datanya melalui inventarisasi dari fenomena pakaian preloved. Dan analisis yang digunakan adalah analisis induksi dan deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada prinsip ekonomi kualitas kehidupan menurut Skolimowski menyatakan ekonomi yang merusak kehidupan akan bertentangan dengan kehidupan itu sendiri, secara sederhananya pengertian atas ekonomi dalam kerangka hubungan-hubungannya dengan alam ditentukan oleh perilaku manusia. Pakaian preloved didefinisikan sebagai pakaian milik pribadi yang sudah tidak digunakan lagi dan akan dipindah tangankan kepada orang lain melalui proses jual beli. Analisis riset ini jika dibaca dengan konsep Skolimowski maka keberadaan penjualan pakaian preloved masuk pada ekonomi yang meningkatkan kualitas kehidupan karena bermanfaat untuk meminimalisir produksi pakaian baru serta penggunaan alam lingkungan. Semakin berhemat manusia terhadap produksi-produksi pakaian baru, maka alam akan terjaga dan proses keberlanjutan hidup akan terjamin.

Item Type: Article
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika, Filsafat Moral
Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: YOHANI 1810302012
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:52
Last Modified: 05 Jan 2024 03:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31041

Actions (login required)

View Item View Item