TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP EFEKTIVITAS PROGRAM KARTU INDONESIA PINTAR (Studi Kasus Di Mts Babul Ulum Mariana Kelurahan Mariana Kecamatan banyuasin 1)

Al fazari, Miftah (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP EFEKTIVITAS PROGRAM KARTU INDONESIA PINTAR (Studi Kasus Di Mts Babul Ulum Mariana Kelurahan Mariana Kecamatan banyuasin 1). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover dll.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
bab v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Salah satu program penanggulangan kemiskinan yaitu program kartu Indonesia pintar, dimana program ini bertujuan untuk memberi bantuan dana secara tunai untuk biaya sekolah siswa sehingga tidak ada siswa terancam putus sekolah. MTs Babul Ulum Mariana merupakan salah satu madrasah yang siswanya mendapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) sejak tahun 2014. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dasar hukum dikeluarkannya kebijakan program Indonesia Pintar oleh Pemerintah Republik Indonesia?, bagaimanakah pelaksanaan program kartu Indonesia pintar di Mts Babul Ulum Mariana kec. Banyuasin 1? bagaimanakah tinjauan hukum Islam terhadap program kartu Indonesia pintar di Mts Babul Ulum Mariana kec. Banyuasin 1? Tujuan yakni untuk mengetahui dasar hukum program kartu Indonesia pintar yang ada di Indonesia, mengetahui pelaksanaan program kartu Indonesia pintar yang ada di Mts Babul Ulum Mariana Kec. Banyuasin 1 dan mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap program kartu Indonesia pintar yang ada di Mts Babul Ulum Mariana. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan empris ditunjukan untuk mendapatkan hal yang berisifat langsung dan library research (studi kepustakaan) untuk mendapatkan hal hal yang bersifat teoristis. Sumber data yang digunakan terdiri dari dua yaitu data primer dan data skunder. Hasil dari penelitian ini adalah program kartu Indonesia pintar yang ada di Mts Babul Ulum Mariana belum dikatakan efektif, karena dana bantuan digunakan oleh orang tua untuk keperluan yang lain, dilihat dari tinjauan hukum Islam, program kartu Indonesia pintar belum dapat dikatakan adil karena penerima manfaat ada yang tergolong mampu. Kata kunci : Efektivitas, Adil, Hibah, Kartu Indonesia Pintar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Adil, Hibah, Kartu Indonesia Pintar.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: MIFTAH ALFAZARI -
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:35
Last Modified: 27 Sep 2023 02:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31046

Actions (login required)

View Item View Item