PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN DAN GENDER TERHADAP MINAT MAHASISWA BEKERJA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN Raden Fatah Palembang)

SHOBIRIN, M. IMAN (2023) PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN DAN GENDER TERHADAP MINAT MAHASISWA BEKERJA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia sangat pesat, baik dari segi jumlah LKS maupun dari perkembangan asetnya. Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah tentunya juga harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang memadai, baik dari segi kualitas maupun dari segi kuantitasnya. Menghadapi hal tersebut, peran perguruan tinggi tentu sangat dibutuhkan. Banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia menetapkan manajemen lembaga keuangan sebagai mata kuliah. Hal ini sebagai salah satu wujud peran perguruan tinggi dalam memberikan bahan materi sesuai kebutuhan pasar kerja. Seorang mahasiswa yang sedang atau telah mengenyam mata kuliah manajemen lembaga keuangan belum tentu akan memiliki minat bekerja di lembaga keungan syariah. Minat mahasiswa dalam bekerja di lembaga keuangan syariah dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pengetahuan dan gender terhadap minat mahasiswa bekerja di lembaga keuangan syariah. Teori yang melandasi penelitian ini yaitu Teori Perilaku Terencana. Populasi dalam penelitian ini yakni mahasiswa aktif strata-1 Prodi Perbankan Syariah Angkatan 2019-2021 yang sedang atau telah mengambil mata kuliah manajemen lembaga keuangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni purposive sampling. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 89 responden. Sumber data penelitian yakni data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Pengukuran variabel yang digunakan yaitu menggunakan skala likert. Teknik analasis data yang digunakan antara lain uji validitas data, uji reliabilitas data, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, regresi linier berganda, uji f, uji t dan uji koefisien determinasi. Data diolah dan dianalisis melalui bantuan software SPSS versi 27. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) religiusiitas berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa bekerja di lembaga keuangan syariah, (2) pengetahuan berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa bekerja di lembaga keuangan syariah, (3) gender berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa bekerja di lembaga keuangan syariah. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lain yang bisa mempengaruhi minat mahasiswa bekerja di lembaga keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: M. IMAN SHOBIRIN 1930603206
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:36
Last Modified: 27 Sep 2023 02:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31068

Actions (login required)

View Item View Item