Telaah atas kemudahan Sistem koperasi dan UKM berdasarkan peraturan pemerintah nomor 7 tahun 2021 dalam perspektif hukum ekonomi syariah (Studi kasus dinas koperasi dan UKM sumatera selatan)

Karnida, Rindi (1999) Telaah atas kemudahan Sistem koperasi dan UKM berdasarkan peraturan pemerintah nomor 7 tahun 2021 dalam perspektif hukum ekonomi syariah (Studi kasus dinas koperasi dan UKM sumatera selatan). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
skripsi Rindi Karnida original.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul tentang “Telaah Atas Kemudahan Sistem Koperasi dan UKM Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Studi kasus dinas Koperasi dan UKM Sumatera Selatan”. Adapun permasalahan penelitian sebagai berikut:1). Bagaimana “Kemudahan Sistem Koperasi dan UKM” Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Menurut Dinas Koperasi dan UMK Provinsi Sumatera Selatan? 2). Bagaimana “Kemudahan Sistem Koperasi dan UKM” Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Dalam Kajian Hukum Ekonomi Syariah? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dilakukan secara langsung ke objek penelitian. Sumber data yang digunakan yaitu data primer diperoleh dari hasil wawancara serta data sekunder berupa buku-buku, dokumentasi, dan jurnal terkait. Terknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa Dinas koperasi dan usaha kecil dan menengah (UKM) menyatakan bahwa 1). Kemudahan Sistem koperasi dan UKM Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Menurut Dinas Koperasi dan UMK Provinsi Sumatera Selatan? Dinas koperasi dan usaha kecil dan menengah (UKM) menyatakan bahwa kemudahan sistem koperasi dan UKM adalah suatu yang dapat mempermudah dan memperlancar usaha bagi masyarakat, dimana sekarang sudah modern sehingga sudah ada lapangan usaha dimedsos yang mempermudah masyarakat seperti usaha lewat online untuk masyarakat yang mempunyai usaha kecil menengah untuk lebih maju dan berkembang. 2). Kemudahan Sistem Koperasi dan UKM Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Dalam Kajian Hukum Ekonomi Syariah? Hasil kajian hukum ekonomi syari’ah atas pemahaman kemudahan Sistem koperasi dan UKM dari dinas koperasi dan usaha kecil dan menengah (UKM) sudah sejalan dengan prinsip hukum ekonomi syari’ah pada aturan syariah didirikan, dikelola, dan menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah sesuai dengan fatwa syariah yang dikeluarkan oleh majelis ulama Indonesia. Kata Kunci : Koperasi, Usaha Mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Usaha Mikro, kecil, dan menengah (UKMKM), Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: RINDI KARNIDA 1820104145
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:45
Last Modified: 29 Sep 2023 03:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31136

Actions (login required)

View Item View Item